Ini Cara Gue Mencintai Indonesia, Kamu?

Perjalanan untuk mencintai Indonesia dimulai pada tahun 2008, ketika gue memilih untuk sekolah di luar daerah jajahan gue, Bogor. Pilihan untuk berkuliah di luar daerah (gue memilih Makassar sebagai destinasi pertama), memang tidak salah. Makassar adalah lokasi yang strategis untuk belajar lebih mengenal Indonesia. Dari sini gue mulai mengenal dunia tulis menulis. Dan mulai menuliskan apa yang udah gue lakukan. Indonesia, sebuah negeri surga bagi para petualang. Gue mencintai banyak hal tentang Indonesia.
Perjalanan pertama gue di Pulau Khayangan, Makassar menjadi tulisan jalan-jalan gue yang pertama. Ketika mendapatkan komentar positif, gue pun mulai melanjutkan menuliskan pengalaman perjalanan gue. Dan alhasil, banyak temen-temen yang mulai tergiur untuk ikut melakukan petualangan kecil-kecilan. Ternyata mereka membutuhkan trigger untuk bisa jalan-jalan dan ingin dapat rekomendasi tempat yang baik untuk mengenal Indonesia. Dari situlah saya semakin bersemangat untuk menuliskan situs-situs sejarah, daerah-daerah keren dan destinasi-destinas menarik di berbagai daerah dengan sudut pandang saya.
Menurut gue, jika cuman memposting foto di facebook atau media sosial lainnya tanpa menuliskan detail tempat keren yang kamu kunjungi, itu bisa dibilang pamer. Karena itu, harus belajar untuk  bisa menuliskannya dan menyebarkan virus jalan-jalan sama orang lain.
Dengan adanya Travel Bloggers Indonesia bisa semakin memacu semangat gue melihat Indonesia dari sudut pandang para travelers yang lain.  Gue mendapatkan informasi-informasi menarik dari daerah-daerah lain. Kumpulan para pecinta petualang dan membeberkannya untuk orang lain bisa menjadi sebuah cara promosi wisata yang paling tepat. 
Mengajak orang-orang untuk semakin paham mengenai negara ini. Bukan hanya sekedar jalan-jalan tapi juga ikut berkontribusi untuk menuliskannya. Semoga dengan adanya wadah Travel Bloggers Indonesia, para blogger jalan-jalan ini bisa menyuarakan keindahan Indonesia di telinga orang lain. Selain itu bisa mengajak orang-orang untuk bisa lebih mencintai Indonesia. 😀
Ini cara kami untuk membuktikan rasa cinta kepada Indonesia. Bagaimana dengan kamu? 
 
ditulis di kamar kost sambil ngemil ikan tuna dan buka-buka profile anggota Travel Blogers Indonesia yang kece-kece. #mupeng
25 Maret 2014 10:20 Wita

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *