12 Tips Hidup Hemat di Wageningen Tanpa Menderita

Hidup hemat di Wageningen itu bisa banget! Lokasinya yang berada di pinggir kota membuat mahasiswa bisa berhemat banget-banget. 😊 Ada beberapa tips yang saya kumpulkan untuk bisa menjalankan hidup hemat di Wageningen tanpa harus bersusah payah dan tanpa harus menderita. 😊 Kalau ada yang mau ditambahkan silakan berkomentar di kolom komentar 🙂

1. Cari kamar dengan shared facilities di Asserpark, Hoevestein atau Djigkraff

Kenapa di tiga tempat itu? Karena MURAH! Kamar di tiga student housing ini terkenal paling murah. Harganya sekitar 250 euro per bulan sudah include dengan listrik dan lain sebagainya. Semua fasilitas harus shared dengan orang lain, sehingga kalau gak suka dengan teman koridor gak mudah untuk ganti2 kamar. Kalau pun mau ganti kamar harus ngomong dulu sama idealis dan prosesnya cukup lama dan rumit. Tapi kalau dari segi harga, student housing inilah yang paling murah dan dekat dari kampus. 🙂

Kalian bisa baca tulisan saya tentang”Alasan Memilih Housing dengan Shared Facilities” . Saya menjelaskan dengan detail kenapa saya memilih Asserpark sebagai salah satu student housing yang paling harus dijadikan pilihan 🙂

student housing Hoevestein

2. Cari barang di Dropbox

Ketika tinggal di student housing banyak orang yang pulang for good balik ke negara masing-masing. Sehingga para ex-mahasiswa ini biasanya menjual barangnya melalui Wageningen Student Plaza atau meninggalkan barang-barangnya di Dropbox. Apa itu Dropbox? Sebuah ruangan yang menampung barang-barang yang sudah tidak digunakan lagi.

Di dalam dropbox kita bisa menemukan karpet, lantai kayu, sofa, rak sepatu, sepatu, bahkan kulkas disana. Kita bisa mengambil barang-barang tersebut dengan gratis. Tapi kita harus sabar menunggu, karena barang bagus selalu jadi incaran seluruh penghuni student housing. 😊

3. Cari sepeda sesegara mungkin di Group FB

Sepeda tidak bisa dipisahkan dari kultur masyarakat Belanda yang gemar bepergian dengan sepeda. Sehingga sepeda merupakan nyawa mahasiswa disini. Sangat sulit untuk mendapatkan motor, tidak seperti di Indonesia. Hahah.

Belanda adalah negara yang tak bisa terpisahkan dari sepeda. FYI, satu orang di Belanda bisa memiliki 2 hingga 3 sepeda. Setiap sepeda mempunya fungsi masing-masing. Ada sepeda harian yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari, sepeda dengan ban khusus untuk menghadapi musim dingin dan sepeda sport yang harganya bisa mencapai puluhan juta.

Untuk urusan mencari sepeda murah bisa mulai mencari di grup FB dengan nama Wageningen Student Plaza (WSP), disana sangat banyak sepeda yang dijual mulai dari harga 30 euro hingga yang ratusan euro. Biasanya harga sepeda yang lumayan bagus berkisar antara 60 euro hingga 150 euro. Saran saya cari sepeda dengan hand brake dan dilengkapi dengan gear.

4. Cari barang-barang secondhand di Wageningen Student Plaza

Ini adalah forum jual beli di dalam Wageningen. Kita bisa menemukan segala barang mulai dari sepeda, kamera, drone, kamar subrent, atau bahkan jodoh! Banyak barang-barang yang kita butuhkan dijual murah oleh mahasiswa yang harus balik ke negara masing-masing. Saya mendapatkan tempat tidur tingkat IKEA dengan harga 30 euro padahal harga aslinya sekitar 150 euro. Atau lemari IKEA yang dijual dengan harga 25 euro padahal harga aslinya sekitar 125 euro. Atau blender HEMA dengan harga 10 euro.

Biasanya mereka menjual barang-barang tersebut dengan beberapa kondisi. Jadi periksa baik-baik dan lakukan nego jika barang tidak sesuai dengan deksripsi. Selain itu tanyakan dimana harus bertemu untuk mengambil barang, karena hampir 100 persen transaksi disini adalah COD. Tidak ada pengiriman barang yang bisa dilakukan.

Ada tambahan dari Heru kalau mau cari barang-barang bagus bisa masuk ke grup Weggeefhoek Wageningen dimana barang-barang terebut bisa dimiliki gratis. https://www.facebook.com/groups/WeggeefhoekWageningen/ Semua informasi di dalam grup ini berbahasa Belanda heheh.

5. Kalau mau beli furniture murah, beli di Kringloop atau Emmaus

Kalau ternyata tidak dapat barang-barang dari Dropbox atau Wageningen Student Plaza kalian bisa coba cari Kringloop atau Emmaus. Disana banyak barang-barang second hand tapi masih sangat bagus. Saya pernah menemukan vas bunga dengan harga 50 sen sahaja. Atau beli sepatu winter dengan harga 10 euro. Jadi silakan berburu barang-barang bekas tapi berkelas.

6. Bawa bekal sendiri dari rumah untuk satu hari

Ini paling menghemat selama hidup di Wageningen. Saya selalu membeli bahan makanan selama satu minggu. Sehingga saya tak perlu belanja ke luar rumah dan makan-makanan sederhana. Kalau butuh selingan saya bisa membeli makanan di luar rumah alias jajan.

harga tempe mahal! sekitar 2 euro per papan tapi bisa dipakai dua hari

Setiap pagi saya membiasakan diri untuk memakan setangkup roti, telur goreng dan segelas susu sembari memasak makan siang dan juga makan malam sekaligus. Jadi saya membuat nasi satu rice cooker dan dibagi dalam dua waktu. Untuk lauk saya membiasakan makan satu lauk dan juga membuat sayur. Bagi saya memasak adalah cara untuk menghemat dan juga berjaga-jaga. Karena kita bisa tahu bahan apa saja yang digunakan untuk makan kita sehari-hari.

7. Belanja di Open Market setiap Rabu dan Sabtu

Buat teman-teman yang selalu masak pasti tidak asing dengan Open Market. Apa itu Open Market? Jadi setiap hari Rabu dan Sabtu ada pasar terbuka di City Center. Banyak sekali pedagang buah dan sayur yang membuka lapaknya disana. Pada saat itu banyak sekali pedagang yang menjual buah dan sayur dengan harga murah. Selain itu banyak buah tropis yang jarang ditemukan di supermarket besar.

Saya paling suka membeli ikan di Open Market karena saya pernah menemukan kepala ikan salmon dengan harga 50 sen saja dan saya bikin gulai kepala ikan untuk makan siang dan malam sekaligus. Ataupun satu sak apel berisi 15 buah dengan harga 2 euro. Jadi biasanya saya belanja mingguan ketika Open Market buka.

Tips untuk belanja di Open Market : bawa selalu kantong belanja, dan datang ketika Open Market akan tutup. Biasanya harga-harga jauh lebih murah daripada ketika Open Market buka di pagi hari.

8. Install aplikasi Knaek atau Social Discount

Ada beberapa aplikasi di smartphone yang bisa jadi sangat menguntungkan bagi pelajar di Wageningen. Salah duanya adalah Knaek dan Social Discount. Untuk Knaek sendiri saya daftarnya pada saat AID dan gratis. Padahal biasanya harus bayar 15 euro per tahun. Ada banyak penawaran menarik dari café, toko sepeda maupun salon. Kalau Social Discount hampir sama dengan Knaek fungsinya.

9. Ambil bahan makanan gratis di Thuis Wageningen

Salah satu campaign yang santer di Wageningen adalah Reduce Food Waste, sehingga masyarakat Wageningen membuat salah satu tempat untuk menampung bahan makanan yang masih bisa digunakan. Dimana bahan makanan ini bisa diambil oleh siapapun. Salah satu teman saya, Yovita, adalah aktivis dari Thuis Wageningen dan gemar memberikan informasi tentang Thuis kepada teman-teman.

Setelah saya konfirmasi, ia mengatakan bahwa Thuis ga selalu jd portal foodsharing. Tapi semua informasi dari orang-orang di penjuru Wageningen ada di Group Facebook Foodsharing Wageningen, utk dpt info2 makanan gratis (dan biasanya ditaro di thuis)! berikut ini adalah link grupnya : https://www.facebook.com/groups/657511510960713

Setiap harinya selalu ada informasi tentang bahan makanan yang tersedia di Thuis dan bisa diambil secara gratis. Bahan-bahan makanan tersebut bisa digunakan untuk 2 hari dan bisa menghemat pengeluaran kamu untuk belanja mingguan. Biasanya informasi itu beredar di grup FB ataupun grup WA.

10. Cari baju murah di SWAP event atau charity shop di kampus

Biasanya ada beberapa komunitas yang melakukan charity shop dimana mereka menjual barang-barang secondhand terutama baju dengan harga murah. Event ini jamak ditemukan ketika winter sudah semakin dekat. Jadi tidak perlu belanja jaket winter yang harganya bisa puluhan bahkan ratusan. Kalau beruntung, kalian bisa mendapatkan jaket winter yang masih sangat bagus dengan harga 10 euro sajaha.

11. Gunakan OV Chipkaart ketika jalan-jalan

NS Train

Weekend jadi waktu yang tepat untuk melepaskan penat bagi pelajar. Kalau suka jalan-jalan ada baiknya kalian membeli OV Chipkaart. Kalau senang untuk menghabiskan weekend untuk berjalan-jalan di Belanda mungkin bisa investasi di program weekend vrij. Jadi setiap hari sabtu dan minggu bisa kemana saja di dalam wilayah belanda tanpa harus membayar. Karena pada dasarnya kita telah membayar 32 euro per bulan dan akan ditarik secara otomatis dari rekening bank yang kita daftarkan. Atau juga bisa memilih program 40% diskon untuk perjalanan menggunakan kereta setiap harinya. Harganya mulai dari 32 euro per bulan. 🙂 Kalian bisa menemukan info ini di laman NS : https://www.ns.nl/en

12. Cari tempat-tempat  liburan tidak berbayar atau buat MuseumKaart

Kalau sudah punya weekend vrij silakan kombinasi bagus weekend vrij dengan tempat liburan yang tidak berbayar alias gratis. Jika suka dengan museum, kalian bisa membuat MuseumKaart dengan masa aktif selama setahun. Kita bisa masuk ke museum manapun di Belanda dengan gratis. Harganya 59 euro per tahun dan kita bisa masuk ke museum mana saja di Belanda dengan gratis. Kalian bisa mendaftar melalui link ini https://www.museumkaart.nl/bestel .

Nah itulah beberapa tips hidup hemat selama di Wageningen. Semoga membantu agar hidup selama di Wageningen enggak terlalu boros tapi juga gak sampe menyiksa diri. Jangan kelaparan karena logika tanpa logistik tidak akan berjalan! 🙂

 

Ditulis di Asserpark

23:07 CET Tuesday 26 December 2017

Sambil mendengarkan lagu World Gone Mad- Bastille

You may also like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.