kulit berminyak
2022,  Opinion

Cara Merawat Kulit Berminyak Selain Cuci Muka

Cara merawat kulit wajah berminyak. Apakah anda memiliki kulit wajah yang berminyak, bingung bagaimana cara untuk merawat kulit wajah secara tepat? Yuk simak selengkapnya dalam artikel berikut.

Tau gak sih kalian kalau kulit wajah yang berminyak dapat dibilang sebagai sebuah tipe kulit yang sering dikeluhkan oleh para kaum hawa, khususnya bagi mereka yang tinggal di iklim tropis macam indonesia.

Sebetulnya, kulit wajah yang berminyak terjadi sebab kelenjar sebaceous dalam kulit menghasilkan sebum yang kelewat banyak. Sehingga, hal ini menyebabkan kulit wajah jadi berminyak, pori-pori pun menjadi tersumbat, dan juga sudah pasti akan muncul jerawat.

Eits, namun jangan langsung menganggap sebum itu merupakan musuh dari kulit yang berminyak. Sebab pada dasarnya sebum itu merupakan sebuah komponen yang terbilang penting dalam menjaga wajah tetap lembap lho. Lalu gimana sih caranya merawat kulit yang berminyak selain dengan cuci muka? Yuk simak!.

Hindari produk perawatan mengandung comedogenic

Hal yang pertama yang harus diketahui yaitu, cara merawat wajah yang berminyak supaya tidak semakin parah yaitu dengan menghindari pemakaian produk perawatan wajah yang punya sifat comedogenic atau yang berdampak pada (menyumbat pori-pori kulit). Contoh dari kandungan dalam produk perawatan wajah maupun skincare yang punya kandungan comedogenic antara lain yaitu, minyak kelapa, kemudian lanolin, ada pun alkohol, isopropyl myristate, dan lainnya. Utamakan memilih skincare untuk kulit berminyak yang tertera keterangan nonkomedogenik, ya.

Rutin Pakai toner untuk wajah berminyak

Tidak hanya punya fungsi untuk membantu menenangkan kulit, toner pun juga dapat dipakai menjadi salah satu cara untuk merawat kulit wajah yang berminyak, lho. Bagi anda khususnya bagi pemilik kulit wajah dengan terkstur tersebut, dapat memilih toner yang punya kandungan jumlah alkohol di dalamnya hal ini bertujuan membuat kondisi kulit anda sedikit demi sedikit dapat lebih kering. Akan tetapi, jika anda risau dan mau memakai toner yang tidak punya kandungan alkohol, anda pun dapat memilih toner yang punya kandungan astringent yang alami. Dengan kandungan astringent alami tersebut, dapat membantu dan bertugas dalam mengecilkan pori-pori yang besar serta untuk meminimalisir produksi sebum dalam kulit wajah.

3.Mengoleskan sunscreen

Cara ketiga dalam merawat kulit wajah yang terakhir yakni dengan cara rutin mengaplikasikan sunscreen atau tabir surya. Dengan mengoleskan sunscreen tersebut, bisa membantuĀ  anda untuk menjauhkan kulit wajah dari masalah kulit lainnya seperti keriput, kemudian flek hitam, dan juga tanda penuaan dini lainnya yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari.

Akan tetapi, perlu untuk dicatat, tidaklah semua jenis sunscreen cocok dipakai untuk kulit wajah yang berminyak. Hindari penggunaan sunscreen yang diformulasikan dengan kandungan fragranceĀ  atau wewangian dan yang memiliki kandungan berbahan dasar minyak. Anda bisa menemukan rekomendasi sunscreen di Pickybest.id yang lengkap mengulas review kelebihan dan kekurangan setiap produk. Selain dari hal itu, pastikan pula untuk rutin menggunakan sunscreen setiap sebelum melakukan aktivitas baik itu di dalam rumah, maupun aktivitas anda di luar rumah supaya kulit wajah tetap terlindungi secara maksimal dari paparan sinar matahari secara berlebih.

Well, merawat kulit wajah memang tak mudah dan memang agak tricky. Akan tetapi, tetap dapat dilakukan serta akan menjadi lebih mudah jika hal itu bisa dibiasakan.

Penutup

Semoga artikel dan pembahasan informasi cara merawat wajah selain dengan cuci muka yang telah dituangkan pada artikel ini dapat menjadi khazanah pengetahuan baru serta dapat anda aplikasikan ya.

ditulis di DFW Indonesia

20:03 WIB, Rabu, 6 April 2022

 

writer

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!