Ketika Ruko Menyerbu Makassar

Lazimnya sebuah kota berkembang, akan banyak pembangunan dimana-mana. Namun, apakah lazim jika sebuah pembangunan tanpa perencanaan? Hal inilah yang mungkin dihadapi oleh warga Makassar. Gempuran bangunan seragam dengan warna-warni yang mencolok. Sebuah bangunan yang sering dipanggil dengan kata Ruko alias Rumah Toko. 
Pembangunan ruko menjadi pemandangan yang sangat lazim di kota Makassar ini. Seperti perencanaan pembangunan tak pernah ada di kota ini. Seharusnya Analisis Dampak Lingkungan (ANDAL) sudah dibuat sebelum pembangunan. Bukan hanya analisis lingkungan namun juga analisis kemacetan jika sebuah bangunan di bangun. 
Kalau anda jeli, ruko dibangun di dekat jalan raya. Luas parkirnya mungkin hanya cukup untuk dua mobil Fortuner. Ckckckc. Bayangkan saja kemacetan panjang yang dihasilkan oleh ruko tersebut. Fuuuiihhh. Panjangnya minta ampun. 
Mungkin kota ini butuh perencanaan ulang dan redesain kembali. Dimana letak perkantoran, perumahan, maupun kawasan bisnis.Menjadikan Makassar sebuah Kota Dunia dengan penuh perencanaan dan tanpa keruwetan. πŸ˜€
 maaf ini foto diambil ketika saya naik motor, jadi agak gerak-gerak. hehehee.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *