Pengalaman Rapid Antigen di Makassar


Untuk penerbangan pulang ke Jakarta, keluar surat peraturan untuk melakukan rapid antigen bukan rapid antibody seperti yang kami lakukan ketika datang ke Makassar pertama kali. 

Berbekal informasi dari seorang senior kami memacu kendaraan ke Bandara Sultan Hasanuddin. Karena disana ada rapid tes antigen yang disediakan untuk penumpang yang akan bepergian menggunakan pesawat terbang. 

Lokasi tes berada di bagian kedatangan, tapi banyak sekali orang. Tempat ini buka sejak pukul 8 pagi. Kalau datang di hari Minggu usahakan lebih pagi, karena jam 12 mereka menutup fasilitas pemeriksaan. 

Ketika kami memasuki area bandara ternyata di parkiran airport penuh banget. Mobil antri karena tidak adanya drop off. Mobil dengan sengaja buka pintu untuk menurunkan penumpang di pinggir jalan. Akhirnya kemacetan di pintu masuk dekat parkiran tak terelakkan. Kami sempat masuk ke dalam parkir dan parahnya gak bisa keluar. Haha. Karena jalanan di dalam parkir jeblos dan tidak ada putaran.

Memang bandara Sultan Hasanuddin sedang merenovasi besar-besaran bagian parkir dan drop off. Jadi jangan heran jika sering kali lihat kemacetan di bagian tersebut.

Kami pun mengurungkan niat untuk melakukan rapid tes di bandara. Apalagi di tempat tes kami melihat kerumunan orang. Walaupun harganya sebenernya paling murah yaitu 175 ribu. Tapi kami memilih untuk cari tempat lain.

Harga tes rapid Antigen: 175 ribu

Harga tes rapid Antibody : 80 ribu

Klinik Cemerlang Farma di Maros


Setelah dari bandara Sultan Hasanuddin, kami pun pergi ke Maros. Disana kami mencari klinik yang ditunjukkan oleh senior saya, kak Diana. Kliniknya kecil, berada tepat di samping Happy Happy Karaoke. Namanya Cemerlang Farma. 

Ada papan pengumuman harga rapid antibody tertera di depan pintu. Untuk harga tes rapid antibody dikenakan harga 80 ribu. Sedangkan untuk harga rapid antigen, disini harganya tidak terlalu beda jauh dengan bandara yaitu 200 ribu.

Tapi ketika kami datang, ternyata sudah habis jatah rapid antigen pada hari itu. Karena kebetulan kami tes di hari minggu, sehingga jatah rapid tidak sebanyak hari kerja. Mereka hanya buka sampai jam 12 untuk sesi pagi. Lalu akan dibuka kembali sesi malam pada pukul 19.00.

Karena kami butuh untuk hari ini, akhirnya kami memilih untuk mencari klinik lain.

Harga tes rapid antigen : 200 ribu

Harga tes rapid Antibody : 80 ribu

Klinik Kimia Farma Sudiang


Ketika perjalanan menuju Makassar, kami pun mencari informasi melalui Google dan juga menelpon teman-teman. Banyak yang menyarankan untuk mencoba tes rapid antigen di Klinik Kimia Farma, Sudiang.

Setelah mendapatkan informasi bahwa Klinik Kimia Farma di Sudiang menerima rapid antigen. Kami pun memarkirkan mobil di dekat tenda pemeriksaan. Namun, naas, ketika kami kesana petugas sudah mulai membereskan barang-barangnya. Ternyata hampir sama dengan klinik di Maros, mereka punya jatah rapid antigen yang bisa digunakan di hari itu.

Jadi kami pun mencari tempat lain yang bisa melakukan rapid antigen. Merunut informasi, harga tes rapid disini mencapai 250 ribu rupiah. 

Harga rapid antigen : 250 ribu

RSIA Permata Hati

Pencarian kami pun berlaanjut, awalnya kami ingin mentargetkan tes di RS Siloam atau RS Awal Bros. mengingat banyak klinik yang tutup di hari minggu. Kami pun melihat informasi di Google bahwa ada beberapa klinik yang menerima rapid antigen di daerah BTP, Makassar.

Ada Lab Prodia disana, namun di hari minggu, lab ini tutup. Kami pun mencari tempat lain lagi dan mata kami melihat plang sebuah rumah sakit. Namanya RSIA Permata Hati. Arif pun mendaftarkan diri ke dalam RSIA. Disana terlihat lengang. Hanya ada empat orang yang saya temui di lorong resepsionis.

Setelah mendaftar dan membayar, kami pun diminta masuk ke sebuah laboratorium. Sebuah ruang an kecil jadi tempat pemeriksaan. Arif dan Reza sudah terlebih dahulu mengambil sample. Saya dan Ayyash menyusul di belakang. 

Pengambilan sampel antigen hampir sama dengan PCR, karena kami `petugas akan mengambil sampel lendir dari hidung. Bedanya tidak melakukan pengambilan sampel di lidah seperti PCR. 

Menurut petugas bandara, anak bayi dibawah 12 tahun tidak memerlukan rapid tes Antigen hanya butuh Antibody. Jadi Ayyash pun diambil darahnya untuk tes rapid antibody. 

Proses pengambilan sample pun termasuk cepat. Hanya 5 menit. Dan pengambilan hasil hanya 30 menit. 

Alhamdulillah kami semua diberitakan negatif. Jadi kami tetap bisa berangkat ke Bogor 🙂

Harga rapid tes Antigen : 250 ribu

Harga rapid tes Antibody : 130 ribu

Kesimpulan 

Untuk penerbangan antar daerah diperlukan rapid antigen sebagai salah satu syarat penerbangan. 

 

ditulis di Makassar 3 Januari 2021

setoran hari ketiga KLIP 2021

2 Replies to “Pengalaman Rapid Antigen di Makassar”

  1. Jadi sebenernya cek rapid antigen tidak sulit ya

  2. gak sulit, cuman mahal saja. hahah. kalau uangnya gak ada, itu yang sulit. 🙁 soalnya kalau dihitung-hitung, kita sekeluarga ada tiga orang. Satu orang bayar 250 ribu, sudah habis 500 ribu. Satu bayi bayar 130 ribu. Jadi total 630 hanya untuk rapid. 🙁

    Sebenernya udah paling bener gak usah kemana-mana dulu. cukup #dirumahaja 🙂 Semoga selalu sehat yaa

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!