4 Aplikasi Wajib Perantau di Ibukota

Jakarta dan segala tetek bengeknya. 😀

Tak bisa dipungkiri kota yang penuh dengan kemacetan dan segala tetek bengeknya, membuat kita harus lebih penuh persiapan dan mengantisipasi segala kemungkinan. Jika punya janji jam 9 pagi, tak mungkin sekali pergi dari rumah di Bojonggede jam 8 pagi. Harus punya spare waktu yang lebih panjang. 

Sejak pindah ke Bogor pada bulan Juli lalu, saya mulai mencari beberapa aplikasi telepon genggam yang sangat bermanfaat bagi saya. Ini bukan iklan yaa, tapi sekedar berbagi kepada para perantau yang sedang berada di Jakarta. 
Beberapa aplikasi ini selalu saya gunakan untuk lebih mengefisiensikan waktu. Membantu saya dalam keadaan terdesak dan juga terjepit. Apa saja keempat aplikasi tersebut?
1. Google Maps
sumber : nerdholic.com
Aplikasi ini yang paling sering saya gunakan untuk mencari lokasi. Misalnya saja kemarin, ketika saya dan Laskar Sebatik mencari tempat makan Cimory Mountain View di Puncak. Kami tidak memiliki arahan sama sekali. Dan Google Maps sangat membantu kami untuk memutuskan apakah kami harus belok kiri atau ke kanan. Walaupun akurasi Google Maps sangat bergantung dengan sinyal provider, tapi saya rasa akurasi Google Maps sudah sangat bagus. 
Di Jakarta, dengan sinyal yang berlimpah membuat aplikasi ini wajib anda miliki jika baru mengenal seluk beluk Jakarta. Tak hanya itu pula Google Maps juga dilengkapi oleh pendeteksi kemacetan, sehingga kita bisa menghindari kemacetan yang terjadi di Jakarta. 
2. Waze
sumber : prolificperceptions.com
Aplikasi ini sebenarnya mirip juga dengan Google Maps. Namun perbedaan paling mencolok adalah Waze merupakan community-based traffic yang digabungkan dengan navigasi jalanan. Membuat kita terkoneksi dengan pengguna Waze yang lain untuk saling men-share real time traffic dan info-info terbaru.  
Akurasi Waze juga baik, beberapa tukang Gojek dan Grab bike di Jakarta menggunakan aplikasi ini, untuk mencari rute tercepat di Jakarta. 
3. Gojek
sumber : idtechinasia.com
Siapa yang tak kenal dengan aplikasi yang menawarkan ojek yang bisa dipanggil walaupun kita sedang tak berada dekat dengan pangkalan ojek. Dengan memesan gojek via aplikasi, kita dengan mudah mendapatkan Gojek dimana saja.

Paket promosi yang ditawarkan Gojek juga sangat membantu. Hanya dengan 15 ribu, saya bisa ke JCC dari Pasar Minggu. Jika dihitung-hitung, menggunakan jasa Gojek ke JCC dari Pasar Minggu sangat murah . Dibandingkan harus naik kereta, kemudian disambung dengan busway atau mikrolet lagi, belum lagi harus jalan kaki ke pintu masuk. hahah. 
4. Grab Taxi
sumber : vulcanpost.com
Selama ini saya bertahan dengan Aplikasi Gojek untuk memesan ojek. Namun seringkali ketika rush hour (14.00 – 19.00 WIB), server Gojek beberapa kali mengalami gangguan. Sehingga saya menunggu hingga berpuluh-puluh menit. Akhirnya saya memutuskan untuk mendownload aplikasi ini. 
Hampir sama dengan Gojek, Grab Taxi menggunakan warna dasar hijau cerah. Bedanya aplikasi ini bukan hanya menyediakan ojek namun juga menyediakan mobil yang bisa dipesan. 

Semua aplikasi ini bisa di dowload gratis di Playstore ataupun Appstore. 😀

ditulis di kantor kak Agus Pasar Minggu,
7:36 WIB, Sabtu 26 September 2015

You may also like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *