Kartu Indosat Hangus, Ganti ke Pasca Bayar

Kartu Indosat Im3 yang sudah saya pakai lebih dari 14 tahun tiba-tiba tak bisa digunakan. Solusinya ganti ke pasca bayar.

Karena kelalaian saya tak mengisi kartu selama dua bulan. Kebetulan saya sedang berada di negeri kincir angin untuk studi. Jadi saya berganti provider nomor Belanda. Akhirnya kartu im3 sempat terabaikan. Hiks.

Dulu ketika nomor im3 saya hilang karena handphone dicuri (3 kali), saya langsung segera ke kantor polisi untuk surat keterangan hilang dan pergi ke gerai indosat terdekat. Saya hanya perlu menyertakan KTP dan surat keterangan hilang. Tak lama nomor saya kembali lagi.

Tapi bagaimana jika kartu bukan hilang tapi hangus karena tak diisi pulsa?

Nomor yang Hangus

Medio Agustus 2018, handphone saya rusak total. Tak bisa diaktifkan lagi. Karena saya tak punya handphne, saya pun tak bisa menggunakan kartu saya. Hampir 1 bulan saya hanya bergantung pada Whatsapp milik Arif. Hingga akhirnya saya bisa mendapatkan handphone baru. Tapi tiba-tiba kartu im3 saya tak bisa diaktifkan.

Saya langsung sedih. Ternyata saya gak isi pulsa pas di bulan Juli – Agustus itu. Akhirnya saya panik deh. Saya membaca beberapa berita tentang mengurus kartu yang hangus. Banyak yang bilang kalau kita harus mengikhlaskan nomor yang sudah hangus. Karena sangat sulit untuk mengurus kartu yang hangus.

Tapi kalau menurut beberapa blog, nomor yang hangus selama masih dibawah 3 bulan, masih bisa diusahakan. Karena kebijakan Indosat untuk me-recycle kartu setelah 120 hari dan dijual kembali. Saya masih punya harapan sedikit. Akhirnya awal September saya segera mengirim beberapa dokumen yang mungkin dibutuhkan ke Indonesia.

Persyaratan yang harus dipenuhi adalah :

  1. KTP asli
  2. Surat perwakilan (jika diwakilkan)
  3. Kartu Keluarga (KK)

Pergi ke Galeri Indosat

Setelah dokumen saya tiba di Jakarta, adik saya langsung mengurus ke gerai Indosat di Sarinah. Alamatnya di Lt. dasar, Jl. M.H. Thamrin No.11, RT.8/RW.4, Gondangdia, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10350, Indonesia.

Adik saya mengisi formulir berwarna putih dan mendapatkan formulir berwarna pink sebagai salinan. Nah setelah itu si petugas bilang untuk datang dua minggu. Kebetulan saya ke Indonesia, saya pun datang lagi ke gerai Indosat di Sarinah sesuai instruksi petugas. Ternyata masih belum ada kejelasan tentang kartu im3 saya.

“Tunggu dulu ya mbak, masih kita verifikasi lagi. Karena nomor yang hangus bisa direcycle ulang kalau sudah lewat tiga bulan”, kata petugas. Saya langsung deg-degan. Udah mulai hopeless tuh. Selama dua minggu di Jakarta, saya dua kali pula ke gerai Indosat di Sarinah. Tapi saya selalu mendapatkan jawaban yang mana. “Belum bisa mbak, masih diverifikasi,” kata petugas tepat sehari sebelum saya berangkat ke negeri kincir.

Ganti Kartu Pasca Bayar Indosat

Akhirnya Ayah saya pergi ke Galeri Indosat lagi per bulan November. Alhamdulillah, setelah verifikasi kartu, menurut pihak Indosat kartu saya masih bisa diaktifkan kembali. Jadi kita harus sabar menunggu satu bulan untuk mengaktifkan kartu kembali. Kalau kata Customer Service, banyak orang yang gak sabar di bagian ini dan banyak yang komplain.

Tapi kasus ini bisa sangat berbeda-beda. Ada yang hangus dalam kurun satu minggu gak bisa diaktivasi lagi. Ada yang hangusnya sudah sebulan kayak saya, ternyata masih bisa diselamatkan. Pokoknya setiap nomor punya kasus yang berbeda.

Kebetulan kartu saya masih beruntung dan mereka meminta saya untuk menggantinya ke kartu pasca bayar Indosat. Tapi saya tetap mendapatkan nomor lama saya. Jadi intinya harus ikhlas mengganti kartu ke kartu Pasca Bayar Freedom Postpaid Indosat.

Freedom Postpaid Indosat

Produk Freedom Postpaid Indosat ini bisa diaktifkan saat kita datang ke gerai Indosat. Ada beberapa pilihan paket Indosat yang bisa dipilih. Mulai dari 66 ribu, 99 ribu, 132 ribu atau yang 198 ribu per bulan. Karena saya lagi gak ada di Indonesia, akhirnya pilihan saya jatuh ke paket 99 ribu per bulan.

Kebetulan kalau bayar per 6 bulan bisa lebih murah, Rp. 504.000 sudah termasuk PPn 10%. Jadi kita tak perlu khawatir untuk lupa ngisi pulsa lagi. Setelah di bulan ke 7 nanti akan bayar Rp 108.900 per bulan.

Oia kalau pilih paket yang L, kalian tetap harus mengisi pulsa jika menghubungi operator lain. Namanya fitur LIMIT, sehingga kita gak akan kaget jika tiba-tiba tagihan membengkak karena menghubungi operator selain Indosat. Jadi sesuaikan dengan kebutuhan ya. 🙂

 

Proses Administrasi

Kalau sudah menentukan ingin paket yang mana, kita tinggal menyerahkan dokumen seperti KTP dan KK dan mengisi formulir yang telah disediakan oleh pihak Indosat. Kemudian membayar secara tunai ataupun debet sesuai dengan paket yang kita pilih.

Tidak sampai berapa lama, Ayah saya mendapatkan kartu SIM baru. Yeayy..

Kartu Aktif 1×24 jam

Jadi menurut Customer Service yang di gerai Sarinah, kartu bisa aktif dalam waktu 1×24 jam. Dan betul saja, kartu saya sudah aktif. Yeayy. Alhamdulillah. Intinya sih sabar kalau ngurus kartu Indosat kayak gini.

 

Semoga kartu kalian bisa segera diaktifkan kembali lagi yaa. 🙂

 

 

ditulis di Forum

19:58 AM Jumat, 14 Desember 2018

sambil menunggu pembeli. ak sedih.. lama sekali mereka datang ambil barangnya..

Antara Keinginan dan Kebutuhan

You may also like

2 Komentar

  1. saya kmren ke galery indosat puri mall indah, kartu nya hangus dari 12 november 2018,

    udh prnh ke galery indosat yg di kebun jeruk tp malah suruh ke pascabayar baru bisa diaktifin dan harus bayar sekitar 500ribuan untuk bayar paket nya selama 6nulan

    akhir nya kmren 31 desember 2018 ke galery yg dket puri mall indah bisa diaktifkan kembali, tanpa biaya… gratis, cukup nunjukin KTP asli

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.