Kartu Indosat Hangus, Ganti ke Pasca Bayar

Kartu Indosat Im3 yang sudah saya pakai lebih dari 14 tahun tiba-tiba tak bisa digunakan. Solusinya ganti ke pasca bayar.

Karena kelalaian saya tak mengisi kartu selama dua bulan. Kebetulan saya sedang berada di negeri kincir angin untuk studi. Jadi saya berganti provider nomor Belanda. Akhirnya kartu im3 sempat terabaikan. Hiks.

Dulu ketika nomor im3 saya hilang karena handphone dicuri (3 kali), saya langsung segera ke kantor polisi untuk surat keterangan hilang dan pergi ke gerai indosat terdekat. Saya hanya perlu menyertakan KTP dan surat keterangan hilang. Tak lama nomor saya kembali lagi.

Tapi bagaimana jika kartu bukan hilang tapi hangus karena tak diisi pulsa?

Nomor yang Hangus

Medio Agustus 2018, handphone saya rusak total. Tak bisa diaktifkan lagi. Karena saya tak punya handphne, saya pun tak bisa menggunakan kartu saya. Hampir 1 bulan saya hanya bergantung pada Whatsapp milik Arif. Hingga akhirnya saya bisa mendapatkan handphone baru. Tapi tiba-tiba kartu im3 saya tak bisa diaktifkan.

Saya langsung sedih. Ternyata saya gak isi pulsa pas di bulan Juli – Agustus itu. Akhirnya saya panik deh. Saya membaca beberapa berita tentang mengurus kartu yang hangus. Banyak yang bilang kalau kita harus mengikhlaskan nomor yang sudah hangus. Karena sangat sulit untuk mengurus kartu yang hangus.

Tapi kalau menurut beberapa blog, nomor yang hangus selama masih dibawah 3 bulan, masih bisa diusahakan. Karena kebijakan Indosat untuk me-recycle kartu setelah 120 hari dan dijual kembali. Saya masih punya harapan sedikit. Akhirnya awal September saya segera mengirim beberapa dokumen yang mungkin dibutuhkan ke Indonesia.

Persyaratan yang harus dipenuhi adalah :

  1. KTP asli
  2. Surat perwakilan (jika diwakilkan)
  3. Kartu Keluarga (KK)

Pergi ke Galeri Indosat

Setelah dokumen saya tiba di Jakarta, adik saya langsung mengurus ke gerai Indosat di Sarinah. Alamatnya di Lt. dasar, Jl. M.H. Thamrin No.11, RT.8/RW.4, Gondangdia, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10350, Indonesia.

Adik saya mengisi formulir berwarna putih dan mendapatkan formulir berwarna pink sebagai salinan. Nah setelah itu si petugas bilang untuk datang dua minggu. Kebetulan saya ke Indonesia, saya pun datang lagi ke gerai Indosat di Sarinah sesuai instruksi petugas. Ternyata masih belum ada kejelasan tentang kartu im3 saya.

“Tunggu dulu ya mbak, masih kita verifikasi lagi. Karena nomor yang hangus bisa direcycle ulang kalau sudah lewat tiga bulan”, kata petugas. Saya langsung deg-degan. Udah mulai hopeless tuh. Selama dua minggu di Jakarta, saya dua kali pula ke gerai Indosat di Sarinah. Tapi saya selalu mendapatkan jawaban yang mana. “Belum bisa mbak, masih diverifikasi,” kata petugas tepat sehari sebelum saya berangkat ke negeri kincir.

Ganti Kartu Pasca Bayar Indosat

Akhirnya Ayah saya pergi ke Galeri Indosat lagi per bulan November. Alhamdulillah, setelah verifikasi kartu, menurut pihak Indosat kartu saya masih bisa diaktifkan kembali. Jadi kita harus sabar menunggu satu bulan untuk mengaktifkan kartu kembali. Kalau kata Customer Service, banyak orang yang gak sabar di bagian ini dan banyak yang komplain.

Tapi kasus ini bisa sangat berbeda-beda. Ada yang hangus dalam kurun satu minggu gak bisa diaktivasi lagi. Ada yang hangusnya sudah sebulan kayak saya, ternyata masih bisa diselamatkan. Pokoknya setiap nomor punya kasus yang berbeda.

Kebetulan kartu saya masih beruntung dan mereka meminta saya untuk menggantinya ke kartu pasca bayar Indosat. Tapi saya tetap mendapatkan nomor lama saya. Jadi intinya harus ikhlas mengganti kartu ke kartu Pasca Bayar Freedom Postpaid Indosat.

Freedom Postpaid Indosat

Produk Freedom Postpaid Indosat ini bisa diaktifkan saat kita datang ke gerai Indosat. Ada beberapa pilihan paket Indosat yang bisa dipilih. Mulai dari 66 ribu, 99 ribu, 132 ribu atau yang 198 ribu per bulan. Karena saya lagi gak ada di Indonesia, akhirnya pilihan saya jatuh ke paket 99 ribu per bulan.

Kebetulan kalau bayar per 6 bulan bisa lebih murah, Rp. 504.000 sudah termasuk PPn 10%. Jadi kita tak perlu khawatir untuk lupa ngisi pulsa lagi. Setelah di bulan ke 7 nanti akan bayar Rp 108.900 per bulan.

Oia kalau pilih paket yang L, kalian tetap harus mengisi pulsa jika menghubungi operator lain. Namanya fitur LIMIT, sehingga kita gak akan kaget jika tiba-tiba tagihan membengkak karena menghubungi operator selain Indosat. Jadi sesuaikan dengan kebutuhan ya. 🙂

 

Proses Administrasi

Kalau sudah menentukan ingin paket yang mana, kita tinggal menyerahkan dokumen seperti KTP dan KK dan mengisi formulir yang telah disediakan oleh pihak Indosat. Kemudian membayar secara tunai ataupun debet sesuai dengan paket yang kita pilih.

Tidak sampai berapa lama, Ayah saya mendapatkan kartu SIM baru. Yeayy..

Kartu Aktif 1×24 jam

Jadi menurut Customer Service yang di gerai Sarinah, kartu bisa aktif dalam waktu 1×24 jam. Dan betul saja, kartu saya sudah aktif. Yeayy. Alhamdulillah. Intinya sih sabar kalau ngurus kartu Indosat kayak gini.

 

Semoga kartu kalian bisa segera diaktifkan kembali lagi yaa. 🙂

 

 

ditulis di Forum

19:58 AM Jumat, 14 Desember 2018

sambil menunggu pembeli. ak sedih.. lama sekali mereka datang ambil barangnya..

Antara Keinginan dan Kebutuhan

You may also like

33 Komentar

  1. saya kmren ke galery indosat puri mall indah, kartu nya hangus dari 12 november 2018,

    udh prnh ke galery indosat yg di kebun jeruk tp malah suruh ke pascabayar baru bisa diaktifin dan harus bayar sekitar 500ribuan untuk bayar paket nya selama 6nulan

    akhir nya kmren 31 desember 2018 ke galery yg dket puri mall indah bisa diaktifkan kembali, tanpa biaya… gratis, cukup nunjukin KTP asli

  2. Halo pak. Setau saya kalau sudah memilih pasca bayar agak sulit untuk dipindah ke pra bayar kembali. Silakan hubungi gerai indosat untuk dapat info lebih lanjut

  3. Setelah berhasil ternyata menjadi prabayar. Bisakah dikembalikan ke pulsa biasa? Mohon solusinya. Matur nuwun.

  4. Sama kasus nya dengan kartu indosat saya,akhirnya jd pasca bayar dan ternyata tetep ga bisa balik ke pra bayar lagi… Ribet jd nya, takut tagihan membengkak klo yg ga tau cara pakainya 😂

  5. Saya mau berbagi pengalaman serupa. Nomor saya hangus karena tidak isi pulsa hingga lewat masa tenggang. Saya tinggal di Surabaya dan ada beberapa gerai Indosat di kota ini. Saya pilih ke gerai Indosat WTC saat kebetulan juga sedang mencari aksesoris HP di WTC. Oleh CS dijelaskan bahwa karena ini kesalahan customer (saya), maka hanya ada satu solusi yaitu seperti yang tertulis di blog ini, ganti ke pascabayar dengan rincian biaya perbulan seratus ribuan atau 500ribuan per 6 bulan dan akan mendapat kuota internet sekian GB (saya lupa). Karena punya pengalaman internet Indosat yang sinyalnya tidak stabil, maka saya tidak langsung menerima solusi dari CS Indosat tersebut. Saya katakan bahwa saya mau pikir2 dulu. Beberapa hari kemudian saya coba ke gerai Indosat lain, barangkali ada solusi lebih baik. Saya ke gerai Indosat Plaza Marina. Disini saya ditawari dua solusi. Solusi pertama sama dengan di atas, pascabayar. Solusi kedua bisa tetap dengan prabayar, tapi harus membayar 165rb dan akan mendapat paket internet. Saya pilih solusi kedua. Ternyata Saya dapat dua buah kartu perdana. Kartu pertama nomor saya sendiri, dan kartu kedua, perdana berisi paket internet 50gb dengan rincian 10gb semua jaringan, 30gb 4G, 10gb kuota aplikasi. Pikir saya ya lumayan lah, paling tidak saya tidak membayar secara cuma-cuma meski saya kurang sreg dengan internet Indosat.

    Kalau diperhatikan lagi sepertinya bisa saja mengembalikan nomor yang hangus tadi tanpa membayar paket internet. Toh akhirnya saya dapat paket internetnya dengan nomor yang berbeda. Tapi waktu itu saya tidak keberatan dan saya anggap ini ‘denda’ bagi saya karena memang kesalahan saya tidak mengisi pulsa.

    Maaf curhat

  6. saya jf hangus nomornya..diminta ganti pascabayar..kira2 gmana ya bagusnya..mbaknya setelah pake beberapa bulan gimana kesannya?

  7. Setelah pakai beberapa bulan gak ada masalah sih mbak, saya memilih pembayaran selama 6 bulan. Jadi saya berusaha agat tidak melebihi pagu yang telah saya pilih. Tapi agak ekstra hati-hati kalau sampai melebihi kuota yang telah ditentukan.

  8. Wah informasinya sangat bagus mas, sepertinya gerai indosat sangat pilih-pilih untuk bisa mengaktifkan kembali kartu yang telah hangus. Karena ketika nomor ibu saya hangus, beliau mengurus di gerai yang berbeda. Beliau tidak diminta untuk pindah ke pasca bayar, tapi hanya diminta membayar untuk mengganti kartu sim yang baru. Entah kenapa hal ini bisa jadi sangat berbeda di gerai yang berbeda. 🙂

  9. Kalau kartu pasca bayar tapi cuma dipakai buat telp/SMS sesekali kira-kira boros ngga ya gan? Saya mau aktifin kartu juga, tapi masih mikir 1000 kali. Biasanya (prabayar) pulsa 25ribu bisa beberapa bulan.

  10. Setelah ganti pasca bayar ko jaringannya semakin lemot yaa …
    Mau ganti no masih bingung karena sdh bertahun tahun
    Kalo pembayaran bisa kah via tokopedia ?? Tapi knapa harga nya jadi lebih murah yaa ?? ….
    Please jawabannya yaa..
    Makasih 🙏

  11. Kenapa ya im3 sekarang,klo Kartu hangus,aktif’fin lg harus pasca bayar???pdhl pelanggan lama.seharusnya gk gni caranya,sama aja memaksa pelanggan harus pindah pasca bayar.apa cari untungnya saja semua ini??ato biar pada gk gunak in paket data yg laen..jujur saja saya kecewa sebagai pelanggan.perlu dipertimbangkan itu,terimaksih..

  12. Terima kasih atas informasinya, ada beberapa gerai yang tidak membebankan penggantian ke pasca bayar untuk pelanggan. Tapi kebijakan setiap gerai berbeda-beda.
    Semoga dapat membantu.

  13. Halo mb, saya juga tidak memahami kenapa harga di TOkopedia bisa lebih murah. Karena selama ini saya membayarnya melalui gerai Indosat terdekat dengan rumah saya.

    Mohon maaf tidak bisa membantu banyak.

  14. hai, saya baru sadar juga nomornya hangus.. tapi kata CS sudah tidak bisa diaktifkan kembali, Adakah strategi apa yang digunakan untuk membujuk Indosat untuk mau memberikan nomor kita kembali? *panik*

  15. Bisa ganti gerai aja, jangan hanya datang ke gerai yang sama. Karena biasanya tiap gerai Indosat punya kebijakan yang berbeda.

    Ada yang menyarankan ganti ke pasca bayar, ada yang bisa langsung mengganti tanpa pindah ke pasca bayar.

    Ini juga tergantung berapa lama kartu Anda sudah mati. Semoga membantu

  16. Sama banget kayak yang tak alamin barusan… kartu hangus pas ngurus bisa diaktifin lagi tapi harus ganti pasca bayar,berat kalo mau pake pasca bayar takut tagihan ngga sesuai pemakaiannya.. dilema mau ganti nomer apa pake pasca bayar,secara udah 10 tahunan pake nomer itu 😔😔

  17. Saya hr ni td juga mengalami kasus yg sama. krtu hangus walopun br 1 hari. kata CS gerai di daerah saya, klo hangus hrs aktfasi ke gerai indosat pusat(solo). dsana akhirnya krtu sy bs altf lg dlm 1 jam, tp berubah jd krtu pacbyar dgn bayar 110rb+biaya aktifasi 25rb. (dpt paket data 36GB). kata CS indosat Solo, krtu sy br bs di migrasi lagi kalo sudah 3bln(sktr prtngahan oktober) itupun hrs kmbali ke gerai indosat utama(solo).
    sy br nyoba 1 hari ini. 🙁

  18. mohon informasi nya, kartu indosat saya hangus dari akhir november 2018, tanggal 5 desember saya ke gallery indosat lippo mall puri, trs harus nunggu 1 bulan dl baru bisa diaktifkan lg dan itupun menjadi kartu pasca bayar. Oke saya tunggu, kemudian 5 januari tepat 1 bulan kemudian saya datang lg ke galley indosat lippo mall puri, katnay kartu saya hanya bisa di aktifkan di gallery indosat roxy atau sarinah paling lambat sebelum akhir januari. oke, saya pilih ke gallery indosat roxy, petugas disana blg, status kartu saya masih pair, sedangkan jika ingin di aktifkan lg status harus berubah menjadi unpair dulu dan petuga tidak bis amemastikan kapan kartu saya akan berubah status dari pair menjadi unpair. Saran dari petugas saya harus rajin telpon call centre untuk cek status kartu. dua minggu sekali saya telp call center untuk menanyakan status kartu saya, sampai awal mei kmrn status kartu saya masih pair, jadi masih belum bisa diaktifkan kembali. Kemudian 22 Mei saya iseng ke gallery indosat mall ciputra dan saya menanyakan status kartu saya, dan status nya masih pair. Petugas menawarkan, kartu saya bisa diubah menjadi unpair oleh SPV nya dan diaktifkan kembali menjadi kartu pascabayar, saya cukup meninggalkan nomor handphone yang dapat dihubungi, nanti jika status kartu sudah berubah saya akan segera dihubungi. Pagi ini say amendapatkan konfirmasi dari petugas gallery indosat mall ciputra, katanya kartu saya sudah di reaktifisasi pada bulan maret, sehingga kartu saya tidak dapat di aktifkan kembali. Petuga menyampaikan bahwa status kartu saya masih aktif dan tercatat masih atas nama saya. Dan disini saya bingung, setiap gallery informasi nya berbeda2 begitupun callcentre nya. apa yg harus saya lakukan supaya nomor saya bisa aktif kembali. Dan disini saya juga bingung, nomor masih aktif dan terdaftar atas nama saya, tp tidak bisa dipakai lagi. Mohon rekan2 bisa memberikan solusinya…

  19. Mohon maaf, kasus diatas saya tidak mengerti solusinya. Ada baiknya mencari alternatif lain di gerai Indosat yang berada dilokasi lain, misalnya di Sarinah. Semoga bisa membantu

  20. Waktu bulan april juga saya lupa melewati masa tenggang (baru 1 hari) tetep ganti pasca bayar. Sebulan 110k dapet kuota 36gb

  21. Setelah no. Indosat saya hangus, saya ke gerai indosat terus bisa diaktifin lagi tapi jadi pascabayar…. Kira2 ini kartu saya jadi pascabayar selama beberapa bulan atau seterusnya ya??

  22. Halo mas Ridho, kartu akan terus jadi pascabayar. Saya kurang tau apakah bisa diganti lagi jadi pra bayar atau enggak. mungkin bisa ditanyakan di gerai mas Ridho bikin kartu tersebut.

    Semoga membantu ya..

  23. Halo mas Ian, setau saya kalau hilang nomornya bikin surat keterangan hilang lalu bikin kartu baru. Gak perlu bikin jadi pasca bayar. Tapi mungkin sama sepertii yang mas Ian bilang tergantung kebijakan masing-masing gerai berbeda-beda.

    Semoga bisa jadi kartu pra bayarr lagi yaa. 😁

  24. Halo kakak”, saya bulan lalu kehilangan hp saya beserta no indosatnya. Saya berinisiatif untuk mencoba apakah bisa dikembalikan nomernya. Lalu, saya ke gerai indosat Summarecon mall serpong. Ternyata mbak” CS nya bilang sistemnya sedang eror jadi agak lama untuk diperbaiki. Kemudian, saya mencoba ke gerai indosat lain: Tangerang city mall. Di sana, nomernya bisa untuk dikembalikan tetapi harus dirubah ke pascabayar. Dan, mas” CS bilang setelah 6 bulan (kalo nggak salah) aktivitasi, nomer bisa kembali ke prabayar lagi.

    Jadi, kesimpulan saya. Semua tergantung pada setiap gerai sendiri”.

  25. Harusnya kalau kartu hilang tidak diwajibkan ganti jadi kartu pasca bayar. Saya beberapa kali hilang kartu, bawa surat keterangan hilang saja, nanti bisa diurus di gerai.

    Mungkin ganti gerai aja untuk urus kartunya. Semoga membantu ya

  26. Pengalaman saya malah mengecewakan masa saya disuruh ke paska bayar padahal kartu saya hanya hilang tidak hangus malah disuruh ke paskabayar dlu klo gak malah gak bisa dibikin LG nomer yg sama LG sangat mengecewakan pelayan Indosat pake maksa harus ngeluarin duit

  27. Kartu saya juga baru saja diubah ke pascabayar, tapi kok waktu isi pulsa jadi beda ya, status pembelian pulsa berhasil, tapi waktu cek di 123 tertera pulsa Rp 0, lah gimanalah itu? Waktu telp ke 185 katanya pulsa masuk ke credit prepaid, tapi kok ga bisa muncul waktu dicek di 123, kalau cek di myim3 bisa muncul tp di credit prepaid. Apakah yg menggunakan kartu indosat pascabayar jg mengalami hal yg sama dgn saya?

  28. halo kak.. mau nanya, saya kan baru aja migrasi ke pascabayar yg paket 6bln combo L yg 36gb itu, nah kuota saya kok yang berkurang cm yang aplikasi tanpa kuota (10gb) itu udah habis,, tapi yang main kuota (10gb) sama 4G(20gb) kok gak bisa ngurang ya ? padahal internet masih jalan sinyal 4G+, apa emang gak bisa ya 4G+ ngurang di kuota 4G ? lalu main kuota itu untuk browsing apa ya ? kan agak sia-sia udah bayar 6bln taunya dapat tagihan lagi pdahal kuota masih banyak gt..

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.