pascabayar ke prabayar indosat
2021,  blog,  indonesia,  Opinion

Cara Pindah Pascabayar ke Prabayar Indosat

Cara pindah pascabayar ke prabayar Indosat hanya 10 menit. Hari ini, setelah menggunakan kartu Indosat Pascabayar selama hampir 3 tahun, akhirnya saya mengganti kartu saya ke Prabayar kembali. Hal ini dipicu karena kenaikan harga Extra Kuota yang menjadi 25 ribu untuk 3 GB, deh 3 GB gak cukup untuk 1 hari. haha. Untungnya proses penggantian ini sangat mudah dan hanya memakan waktu sekitar 10 menit.

Galeri Indosat di Plaza Kalibata

Pada hari Kamis (28/10), saya pergi ke Galeri Indosat di Depok, namun karena saya datang pada pukul 3 sore, antrian sudah ditutup. Pengunjung membludak di tempat kecil tersebut. Sampai banyak yang harus antri di luar gedung. Saya pun harus datang keesokan harinya. Tapi karena kebetulan saya akan ke Jakarta Selatan untuk menemui seseorang, saya pun mencari Galeri Indosat yang terdekat. Dari laman Indosat, saya menemukan bahwa ada Galeri Indosat di Plaza Kalibata.

Jika naik kereta, kita turun di Stasiun Duren Kalibata. Lalu jalan kaki sebentar ke Plaza Kalibata. Galeri Indosat terletak di lantai tiga. Setelah check in melalui aplikasi PeduliLindungi, kita naik ekskalator dua kali. Galeri Indosat bersebelahan dengan Fun World.

Ketika tiba, tempatnya sangat kosong. Hanya ada para pegawai dan tidak ada antrian seperti di galeri Depok. Saya langsung dilayani dengan customer service dengan baik.

Kartu Indosat Hilang, Ganti ke Pascabayar Solusinya

Apa saja yang dibutuhkan untuk pindah ke Prabayar?

Saya dilayani segera dengan customer service. Sebelum datang, saya sudah mempersiapkan hal yang dibutuhkan untuk pergantian kartu. Saya sempat nanya ke Indira (Chat BOT milik Indosat). Dari Indira, dia mengatakan bahwa saya hanya butuh membawa Kartu Identitas Asli yaitu KTP bagi WNI dan Paspor/KITAS/KITAP bagi WNA yang ingin mengurus. Selain itu juga membawa SIM Card Lama yang masih aktif. Jika datang dengan diwakilkan oleh orang lain wajib membawa surat kuasa bermaterai 10.000 serta kartu identitas asli kedua belah pihak. Kalau tidak ada, pihak CS tidak bisa mengurus perpindahan kartu Anda.

Selain itu, saya pernah baca, kartu pasca bayar harus digunakan minimal 3 bulan baru bisa di migrasi ke prabayar lagi. Jadi pastikan kartu sudah digunakan diatas 3 bulan ya.

Proses Pergantian Pascabayar ke Prabayar hanya 5 Menit

Setelah saya menyerahkan KTP, CS pun menanyakan nama dan no HP yang saya gunakan. Selain itu CS juga menanyakan alasan kenapa saya mengganti kartu. Saya jujur kalau kesel banget ketika harga Extra Kuota yang biasanya 30 ribu dapat 15 GB, sekarang naik tajam. Harga Extra Kuota jadi 25 ribu hanya dapat 3 GB. ckckc.

Selain itu jika menggunakan kartu Pascabayar, kita tidak bisa asal membeli paket murah yang disediakan provider karena sudah terikat kontrak. Sedangkan kartu pascabayar saya hanya bisa memberikan 32 GB tiap bulan. Sudah tidak bisa menampung kegiatan saya yang banyak menggunakan internet.

Proses pergantian pascabayar ke prabayar hanya 5 menit. CS meminta saya untuk menandatangani berkas pergantian kartu.

Sebutkan nama dan nomor HP yang ingin diganti, kemudian menyerahkan KTP dan tanda tangan berkas, lalu CS memberikan penjelasan oleh petugas mengenai pembayaran tagihan terakhir. Menurutnya pergantian kartu akan aktif setelah 1-3 hari. 10 menit udah selesai. Mantap. 

Pengurusan Perpindahan Kartu Selesai

Pengurusan perpindahan kartu pun selesai, saya tidak disuruh menyerahkan SIM card lama. Selain itu dia juga menjelaskan kalau saya wajib membayar tagihan bulan berjalan. Karena tagihan saya keluar setiap tanggal 11, sedangkan saya mengurus perpindahan di tanggal 29. Jadi menurutnya, saya harus membayar tagihan bulan ini dulu.

Pembayaran juga gak bisa menggunakan M-Banking seperti biasa. Saya hanya bisa membayar di Galeri Indosat terdekat pada tanggal tagihan keluar. Jadi nanti tanggal 11 November saya harus ke galeri Indosat lagi untuk bayar 108.900. Kartu saya akan aktif menjadi Prabayar ketika kuota habis dalam waktu 1-3 hari.

Jadi saran saya jika mau ganti ke prabayar, pastikan tanggal pengurusan. Kalau bisa datang sebelum tanggal penagihan bulan berikutnya. Jika sudah terlanjur berada di tengah penggunaan, pastikan kuota sudah habis. Karena semua kuota dan pulsa akan hilang bersamaan dengan pergantian kartu.

 

ditulis di Pasar Minggu

16:56 WIB Jumat, 29 Oktober 2021

sambil denger lagu Romantic Sunday (masih gagal moveon dari Hometown Cha-cha-cha)

 

writer

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!