2021,  indonesia,  Opinion

Cara Jadi Shopee Affiliates Program (Step by Step)

Cara jadi Affiliates Shopee Program dengan mudah. Program ini sudah dibuka sejak tahun lalu. Tapi baru dua hari yang lalu saya mencoba daftar dan ternyata diterima.

Apa sih Affiliates Shopee Program? Emang kenapa sih harus jadi Affiliates Shopee Program? Dan apa sih sebenarnya Affiliates itu? Apa saja keuntungan menjadi seorang Affiliate Marketer? Dan apa yang harus dilakukan ketika menjadi affiliate marketer?

Ak bakalan coba jabarin satu-satu yaa. 🙂

Apa itu Affiliate Marketing?

Pernah mendengar kata-kata mengenai “mendapatkan uang dari internet”??

Pernah gak kepikiran ketika kita tidur, kita masih mendapatkan uang dari internet? Bayangkan lagi tidur, tapi pundi rupiah tetap terisi dengan baik. Saat ini, sudah ada caranya agar mendapatkan uang sambil tidur. Salah satunya adalah melalui  affiliates marketing.

Secara harfiah Affiliate marketing atau pemasaran afiliasi adalah proses penawaran produk menggunakan jasa sebuah afiliasi.

Singkatnya, ada sebuah perusahaan yang membayar orang untuk menjual produk mereka. Orang ini yang disebut sebagai affiliate marketer akan dibayar dengan dua metode pembayaran, yaitu pembayaran di awal atau bayar per produk yang berhasil terjual menggunakan link dari afiliasinya.

Pernah mendaftar sebuah aplikasi lalu dijanjikan untuk mendapatkan cashback jika berhasil mengajak teman untuk menggunakan aplikasi tersebut? Nah, itulah afiliasi.

Metode marketing ini berguna untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Karena biasanya cerita mengenai produk ataupun aplikasi didengar dari mulut ke mulut. Kalau saat ini dilihat dari IG Story ataupun WA Story. Hehe. Produk akan mengalami peningkatan jika tertarget.

Keuntungan jadi Affiliate Marketer

Menjadi seorang affiliate marketer, kita bisa mendapatkan uang hasil dari komisi penjualan produk yang kita pasarkan. Itu paling penting. Haha.

Lalu kita juga bisa bebas berkarya untuk bisa menjual produk yang dituju. Mulai dari membuat konten di Instagram, Tiktok, Youtube dan Facebook. Media sosial saat ini menjadi wadah berkreasi para konten kreator ketika menjadi affiliate marketer.

Saya sudah mendapatkan lebih dari Rp. 10.000.000 menjadi seorang affiliate marketer di beberapa situs penjualan selama setahun terakhir. Saya hanya bikin konten tulisan dan IG feed satu kali, lalu uang terus masuk ke dalam rekening saya di awal bulan.

enaknya jadi affiliate marketer adalah, bikin konten lalu lupakan 🙂

Asik banget. 🙂

Tugas Affiliate Marketer

Nah, untuk jadi affiliate marketer ada tugas yang harus dilakukan agar bisa mendapatkan uang sambil tidur.

Pertama, bangun branding media sosial mu. Karena hampir semua perusahaan membutuhkan angka di media sosial mu. Untuk Shopee Affiliate Program ini memiliki kriteria konten kreator dengan jumlah followers yang lumayan banyak. Merujuk pada website ini, berikut jumlah followers yang harus dimiliki oleh Shopee Affiliate :

  • Youtube minimal 8.000 subscribers
  • Instagram dan TikTok minimal 5.000 followers
  • Twitter minimal 10.000 followers
  • Facebook pribadi minimal 2.000 teman
  • Fanpage dan Grup Facebook minimal 1.000 followers

Ehm tapi gak usah takut dulu untuk daftar, kalau boleh jujur Adlien Travel Journal cuman punya 55 subscribers. Instagram @adlienerz punya 3140 followers, Twitter @adlienerz sekitar 1325 followers, Fan Page Adlien Travel Journal hanya 300 followers, tapi saya punya teman di Facebook Atrasina Adlina sekitar 4000 teman.

Sepertinya karena saya punya 4000 teman di Facebook, saya berhasil masuk jadi Affiliate Shopee Program. Alhamdulillah 🙂

Untuk personal blog tidak ada syarat minimum, tapi kamu wajib memiliki sosial media dengan pengikut sesuai 5 poin di atas. Tapi, pastikan konten di media sosial kamu bersifat publik dan tidak mengandung SARA, ya!

Kedua, Membuat konten untuk produk yang kamu tuju. Pernah lihat video di Reels Instagram yang menjelaskan cara sebuah benda bekerja lalu meminta kamu untuk mengklik link di bio Instagram nomor sekian?

Pemilik akun tersebut adalah affiliate shopee yang berusaha mempengaruhi kamu untuk membeli produk tersebut menggunakan affiliates nya. Terdengar menyenangkan, bukan?

Kayaknya cuman butuh dua hal itu untuk menjadi affiliate marketer deh. Lanjut ke Shoppe Affiliate Program ya 🙂

Keuntungan jadi Shopee Affiliate Program

Shopee Affiliates Program atau Program Afiliasi Shopee adalah program yang menawarkan penghasilan tambahan untuk influencers yang mempromosikan produk-produk Shopee di media sosial, seperti YouTube, Instagram, Facebook, TikTok, dan lainnya. Sebagai influencer, Sobat Shopee juga diberikan kebebasan untuk berkreasi dalam pembuatan konten selama produk-produk tersebut memenuhi syarat dan ketentuan Shopee. Jadi intinya kita sebagai content creator diminta untuk berkreativitas untuk mempromosikan produk yang dijual di Shopee.

Tentunya, ada banyak keuntungan yang bisa Sobat Shopee dapatkan dengan bergabung dengan Afiliasi Shopee, seperti:

  • konten kreator punya kebebasan untuk mempromosikan produk sebagai konten di media sosial
  • seorang konten kreator juga bisa fleksible memilih berkarya di platform media sosial yang ia miliki tanpa kontrak yang mengikat.
  • prosesnya mudah, hanya dengan menyebarkan link referral untuk mulai mendapatkan komisi
  • komisi didapatkan jika produk yang kita sebarkan berhasil terjual.
  • pembayaran juga transparan sesuai dengan performa dan bergantung pada jumlah pembelian melalui referral link.

Untuk lebih lengkapnya, kamu dapat melihat contoh skema hasil Komisi Afiliasi Shopee dalam 1 bulan di bawah ini:

Step by Step daftar jadi Shopee Affiliate Program

Ok. Masuk ke cara untuk menjadi shopee affiliate. Kalau sudah merasa memenuhi persyaratan followers yang diminta oleh Shoppe, kalian mulai bisa mendaftar via online.

  1. Daftar melalui link https://affiliate.shopee.co.id/ atau melalui akun Shopee yang kita miliki.

    buka menu Saya , disitu akan terlihat pilihan Shopee Affiliate Program
  2. Jika mendaftar melalui website, masukkan email dan no HP tersambung dengan akun Shopee kita. Karena nanti kita bisa buka opsi Shopee Affiliate Program melalui akun Shopee yang ada di dalam HP.
  3. Jika belum punya, silakan klik “Daftar” dengan menggunakan nomor Whatsapp
  4. Lalu ikuti semua perintah yang diminta seperti memberikan kode OTP yang dikirimkan ke nomor Whatsapp terdaftar.
  5. Setelah berhasil masuk, lengkap semua formulir data diri dengan benar. Kita akan diminta untuk mengisi formulir dan memasukkan URL media sosial yang kita punya. Saya memasukkan tiga URL, yaitu link media sosial Twitter, Facebook dan Instagram. Saya lupa memasukkan URL untuk website dan Facebook Page. Kalau punya TikTok kayaknya bakalan lebih bagus lagi.
  6. Terakhir klik “Daftar

Lalu akan muncul notifikasi di email yang mengatakan bahwa pihak Shopee akan mereview permintaan kita.

Setelah itu kita tinggal menunggu hasil review yang dilakukan oleh tim Shopee. Jika ternyata profile media sosial kita sesuai dengan yang diminta oleh tim Shopee, kita akan segera mendapatkan email seperti ini

Alhamdulillah. 🙂 2×24 jam, saya jadi Shopee Affiliate Marketer deh. 🙂

Yuk, mulai bikin content

Setelah terpilih jadi Shopee Affiliate Marketer terus ngapain lagi?

Yess,, kita harus BIKIN KONTEN. Terserah dalam bentuk apa, mau dalam bentuk tulisan, dalam bentuk video, ataupun dalam bentuk IG story. Apapun yang bikin orang mau ngeklik produk yang kita pasarkan. Itu sih intinya 🙂

Ak bakalan mulai ‘mempromosikan’ sesuatu besok di IG story dan WA Story. Haha. Produk apakah itu? Yang pasti produk bagus. 🙂 Kayak gini 

 

ditulis di Tajurhalang

3:18 AM Kamis, 26 Agustus 2021

sambil denger Reckless – Madison Beer

writer

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!