Cara Transfer Rupiah ke Berbagai Mata Uang dengan Transfez

Jasa transfer rupiah ke berbagai mata uang di dunia, Transfez. Kalau mau berangkat sekolah ke luar negeri pasti bingung kalau mau menukar uang Rupiah ke mata uang negara yang dituju. Ini biasanya dialami sama mahasiswa yang siap berangkat ke luar negeri. Kadang agak bingung kalau harus pegang uang negara tujuan. Atau buat orang tua yang mau kirim uang untuk anak yang ada di luar negeri, mau kirim via bank biaya transfernya mahal. Belum lagi harus antri panjang di konter bank. Padahal masih banyak yang harus diurus. Mau tukar sesama mahasiswa di grup FB rawan penipuan (saya pernah nih hampir tertipu.).

Kalau udah gitu, pasti bingung mau tuker dimana dengan rate yang bagus, potongan yang tidak terlalu besar berapapun nominal yang kita tukar, gak perlu antri panjang di bank, anti ribet dan juga terpercaya. So, let me introduce you to Transfez.

Apa itu Transfez?

Transfez merupakan aplikasi untuk mentransfer mata uang rupiah ke berbagai mata uang di dunia. Ada 37 negara yang menjadi tujuan penukaran uang rupiah kalian. Transfez sudah mengikuti peraturan Bank Indonesia dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Menurut laman dari Payment System milik Bank Indonesia, Transfez terdaftar sebagai lembaga pengiriman uang No : 13/ 77 / DASP / 30. Jadi aman karena sudah terdata. 🙂

Transfez membuat kita bisa mengirimkan uang ke 37 negara yang sudah bekerjasama dengan Transfez yaitu Austria, Bangladesh, Belgia, Cina, Siprus, Estonia, Finlandia, Prancis, Guyana Prancis, Jerman, Yunani, India, Irlandia, Italia, Korea Selatan, Latvia, Lithuania, Luksemburg, Malaysia, Malta, Monako, Myanmar, Nepal, Belanda, Pakistan, Filipina, Portugal, Saint Pierre dan Miquelon, San Marino, Singapura, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Sri Lanka, Thailand, Inggris, Vietnam.

Saat ini Transfez juga akan segera hadir di negara Australia, Hongkong, AS, Jepang, Selandia Baru, Kroasia, Republik Ceko, Denmark, Norwegia, Polandia, Rumania, Swedia, Kamboja, Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bolivia, Brasil , Chili, Kolombia, Kuba, Republik Dominic, Haiti, Meksiko, Nikaragua, Peru, Venezuela, Benin, Burkina Faso, Pantai Gading, Ethiopia, Ghana, Guinea-Bissau, Kenya, Mali, Niger, Nigeria, Nigeria, Senegal, Togo. Banyak banget kan?

Cara Mendaftar Transfez

Untuk bisa mengirimkan uang melalui Transfez, Anda harus mendaftarkan diri dulu di aplikasi Transfez. Caranya cukup mudah. Pilih menu Verify Your Identity. Masukkan nama lengkap, nama belakang, nomor telpon, email serta alamat rumah. Anda akan mendapatkan security code yang dikirimkan melalui no handphone yang didaftarkan.

Setelah itu Anda hanya perlu memasukkan identitas kalian di kolom yang sudah disediakan. Kemudian apps akan meminta foto kartu identitas yang telah Anda pilih. Jika Anda memilih National ID maka foto KTP Anda. Setelah itu pihak apps akan meminta verifikasi wajah yang berfoto bersama KTP. Hanya dua kali take gambar dan kita tinggal tunggu pihak Transfez untuk melakukan verifikasi data.

tampilan pendaftaran
tampilan pendaftaran transfez

Jika data kalian sudah diverifikasi oleh pihak Transfez, kalian akan mendapatkan notifikasi setelah 1×24 jam. Jika sudah sukses, akan ada pemberitahuan yang mengabarkan bahwa Anda sudah terdaftar. Voilla, Anda sudah mulai bisa mengirimkan uang kepada sanak saudara di luar negeri.

tampilan layar jika sukses melakukan registrasi

Cara Mengirimkan Uang melalui Aplikasi Transfez

Setelah mendaftarkan diri, Anda bisa segera melakukan pengiriman uang ke rekening sanak saudara atau Anda sendiri di luar negeri. Cara mengirimkan uang melalui aplikasi Transfez ini tergolong mudah. Saya sudah mencoba sendiri dengan mengirimkan uang ke rekening ABN AMRO saya di Belanda.

Pertama, Anda bisa menggunakan kode referral saya yaitu ADLIENERZ.

Kenapa pakai kode referral? Karena bisa gratis biaya pengiriman pertama kali. Berapapun nominalnya (maksimal sekitar dua ratus juta di satu kali pengiriman). Asik kan? Tapi ini hanya untuk pertama kali pengiriman. Selanjutnya Anda akan dikenakan biaya pengiriman (transaction fees) sebesar Rp.74.000 berapapun nominal yang Anda kirimkan.

Kalau di bank konvensional kan ada opsi pengiriman lebih cepat (real-time) atau pengiriman standar yang membuat harga transaksi jadi berbeda. Nah di Transfez, gak ada tuh opsi untuk pengiriman lebih cepat atau pengiriman standard dengan transaction fee yang berbeda. Semuanya flat di angka Rp. 74.000 mau sebesar apapun uang yang dikirimkan. Mantep!

Kedua, pilih menu SEND (tanda tambah),

Pada layar aplikasi akan menunjukkan layar tampilan seperti ini. halaman utama apps Transfez

Kemudian, pilih mata uang yang menjadi tujuan pengiriman uang. Anda bisa memasukkan nama negara yang ingin Anda tuju. Saya mencoba mengirim uang ke rekening EUR saya di Belanda sebagai percobaan. Karena saya dapat kode referral, saya mendapatkan gratis biaya pengiriman. Ingat : kode referral ADLIENERZ .Transfez hanya mengambil Transaction Fee sebesar Rp.74.000 sebanyak apapun uang IDR yang Anda kirimkan. Jadi tidak ada biaya tambahan jika ingin mengirimkan uang dalam jumlah besar. Aplikasi ini bisa mengirim uang hingga 15.000 EUR atau setara dengan dua ratus juta rupiah dalam satu kali pengiriman.

Ketiga, masukkan penerima uang.

Masukkan nama penerima uang. Masukkan nama depan, nama belakang, no rekening tujuan (IBAN) dan BIC Code bank yang dituju. Misalnya saya ingin mengirimkan ke rekening saya di ABN Amro, saya hanya perlu mengetikkan BIC Code ABN Amro di mesin pencari Google. Untuk ABN Amro, BIC Code nya ABNANL2A 🙂

Keempat, tentukan tujuan pengiriman uang

Jadi Transfez akan memberikan opsi untuk apa uang ini dikirim ke luar negeri. Ada beberapa pilihan yang bisa Anda pilih, misalnya saja untuk membayar tuition fees or studying expenses. Transfez juga ingin mengetahui dari mana sumber dana ini berasal misalnya dari Salary (gaji). Kemudian centang box paling bawah.

Kelima, transfer uang rupiah anda ke rekening milik PT Indo Koala Remittance.

Transfez akan memberikan waktu 3 jam bagi Anda untuk segera mentransfer uang agar tidak ada perubahan rate tukar. Ada 4 opsi bank yang bisa Anda gunakan untuk mengirimkan uang ke PT Indo Koala Remittance, yaitu Mandiri, BNI, BCA, dan Danamon.

Ingat, Anda harus mengirimkan uang dari rekening atas nama Anda sendiri. Jika teman Anda atau saudara Anda yang mengirimkan melalui bank yang sudah ditunjuk oleh Transfez, proses transaksi tidak akan diproses. Sepertinya hal ini menghindari pencucian uang dan lain sebagainya. Karena di beberapa apps pengiriman uang, hal ini juga berlaku.

Keenam, uang tiba dalam waktu cepat

Ketika saya mencoba Transfez untuk pertama kalinya, saya langsung mendapatkan kiriman uang dari Indonesia dalam waktu yang tidak terlalu lama. Karena Transfez menjanjikan uang tiba di Belanda : D+1 banking day jika uang dikirim sebelum jam 4 pm (GMT +7). Saya mengirimkan uang pukul 13.45 WIB dan tiba di akun ABN Amro sekitar pukul 19.00 WIB. Lumayan cepat. Uang yang saya terima, sama dengan yang muncul di layar apps pertama kali. Jadi tidak ada hidden fees yang perlu kita takutkan.

Keunggulan Menggunakan Transfez

Dari pengalaman yang saya dapatkan dengan menggunakan Transfez ada beberapa hal yang perlu digaris bawahi :

  1. Kurs nya gak beda jauh dengan rate tengah Bank Indonesia. Dan jauh lebih kompetitif dibandingkan dengan kurs bank konvensional. Saya sempat membuat perbandingan dengan beberapa bank konvensional, dan Transfez memiliki nilai tukar yang lebih baik dibandingkan bank-bank tersebut.
  2. Uang tiba di Belanda dalam kurun waktu kurang lebih 6 jam setelah ditransfer (ingat : jika uang ditransfer sebelum jam 4 sore). Untuk lima negara yaitu UK, Korea Selatan, Vietnam, Nepal, Filipina dan India, Transfez menjamin bahwa ketibaan uang akan didapatkan secara real time. Jadi gak perlu khawatir bakalan lama tiba di lima negara tersebut.
  3. Transaction fee yang tidak berubah walaupun mengirim uang lebih banyak. Harganya tetap flat di angka Rp.74.000. Kalau dibandingkan dengan bank konvensional ada biaya tambahan jika ingin mengirim uang dalam waktu singkat. Sedangkan Transfez menjamin bahwa uang akan tiba dalam waktu singkat tanpa biaya tambahan. Semuanya flat fee di Rp. 74.000. Asik banget kan?
  4. Tidak perlu antri di konter bank
  5. Semua proses menggunakan online
  6. Ada tracking kapan uang tiba di rekening luar negeri
  7. Ada referral code yang bisa kalian bagikan kepada sanak saudara ketika menggunakan Transfez, mereka dapat gratis transfer pertama kali, Anda bisa dapat komisi 250k. Anda bisa gunakan referral code saya ADLIENERZ untuk pengiriman uang pertama kali.
  8. Customer Service yang cepat tanggap jika ada masalah yang terjadi.

Kesimpulan

Setelah saya menggunakan Transfez untuk kirim uang, saya bisa merekomendasikan aplikasi ini untuk mengirim uang ke luar negeri. Kalau kalian tertarik untuk mengetahui Transfez lebih lengkap, kalian bisa cek di :

Jika kalian ingin mendownload apps Transfez bisa melalui link dibawah ini

Download:
Sila download applikasinya melalui link ini : http://bit.ly/install-aplikasinya-disini

Semoga membantu buat teman-teman mahasiswa yang ingin kirim uang ke negara tempat belajar dengan mudah. 🙂

 

ditulis di Tajurhalang

23:02 WIB, Selasa, 11 Februari 2020

 

8 Replies to “Cara Transfer Rupiah ke Berbagai Mata Uang dengan Transfez”

  1. […] ditulis di TEST English School 21:19 WIB Sunday 6 Desember 2015 Semangat untuk LPDP! Yosh!!   baca juga : https://adlienerz.com/cara-transfer-rupiah-ke-berbagai-mata-uang-dengan-transfez/ […]

  2. Shinta says:

    Kalau pakai kartu BRI gimana ya? Apakah bisa juga? Atau harus dari keempat bank diatas?

  3. bisa kok kak. bank BRI bisa digunakan untuk mentransfer uang ke rekening milik PT Koala Remitance. Yang penting nama terdaftar di kartu BRI harus sama dengan pemegang akun Transfez ya kak. 🙂
    semoga membantu 🙂

  4. min, kalau deposit ke TransferWise via Transfez bisa gak?

  5. Sepertinya belum bisa karena kalau mau deposit melalui menu “add” dari Transferwise hanya bisa beberapa bank saja (tergantung dari mata uang yang digunakan). Saya belum pernah coba deposit menggunakan Transfez. Mohon maaf.

  6. Bisa dipercaya nggak ya? Saya masih takut, takut uangnya hilang.

  7. bisa dipercaya kok mbak, saya sudah transfer diatas 10 juta dan diterima dengan baik di rekening luar negeri. dalam hitungan jam.

  8. […] Sebuah komentar masuk ke dalam kolom komentar saya di blog tentang tulisan “Cara Kirim Rupiah ke Luar Negeri dengan Transfez“. […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!