Mengurus MVV Study ke Belanda

Saya menuliskan ini sebagai panduan pengurusan visa untuk teman-teman yang akan melanjutkan studi ke negara kincir angin. Kebetulan saya akan melanjutkan studi di Wageningen University and Research (WUR) pada bulan September 2017. Ada beberapa step yang harus diperhatikan bagi teman-teman yang akan melanjutkan studi di Wageningen University melalui beasiswa LPDP. Karena untuk beasiswa lain memiliki skema pendaftaran visa yang berbeda.

Apa itu MVV Study?

Bagi pelajar yang akan tinggal sementara di Belanda, akan menggunakan visa tinggal sementara, atau disebut MVV (β€œMachtiging Voorlopig Verblijf”). MVV ini diperlukan bagi warganegara asing yang akan tinggal di Belanda lebih dari 90 hari dalam periode 6 bulan.

Kebetulan untuk negara Belanda, pendaftaran MVV Study ke IND dilakukan oleh pihak universitas. Kita hanya menandatangani beberapa formulir, mengirim berkas dan melakukan sidik jari. Nah saya akan jelaskan satu per satu tahapan untuk pengurusan MVV Study ke Belanda.

Prosedur Pengurusan MVV Study

Pertama-tama setelah mendapatkan Unconditional Letter of Acceptance dari pihak WUR, kita akan mendapatkan offering dari pihak kampus melalui STAR. Setelah accept offer dan menyertakan bukti sponsor, kita akan mendapatkan invoice dari WUR.

Setelah itu, kita akan diminta mengisi Antecedents Certificate dan WUR Statement yang dikirimkan oleh pihak WUR. Selain itu kita akan diminta untuk scanning paspor, ijazah yang sudah dilegalisir, WUR Statement, dan Antecedents certificate melalui email International Office (IO) WUR.

Semua bukti fisik tadi dikirim melalui jasa kurir, bisa menggunakan EMS Pos, FedEx atau DHL. Saran saya, jika tidak terlalu mepet, silahkan menggunakan EMS Pos karena murah. Tapi ada kasus kiriman menggunakan EMS Pos tidak tiba ke alamat tujuan. Jadi pastikan alamat yang dituju sudah benar. Tapi kemarin saya dan teman-teman menggunakan FedEx, harganya mahal tapi tiba dalam waktu 3 hari.

Setelah bukti fisik tiba di Belanda, kita akan mendapatkan email confirm dari pihak IO. Kemudian tak lama, kita akan mendapatkan email prosedur untuk tahap selanjutnya. Email ini berisi informasi bahwa Visa Study kita sedang diproses. Dalam kurun waktu 2 minggu, saya mendapatkan notifikasi bahwa Visa Study telah di approved. Alhamdulillah!

Di dalam email dikatakan bahwa pengambilan data biometrik dan finger prints bisa dilakukan sejak bulan Juli 2017. Dalam kurun waktu itu saya melakukan pengurusan legalisir akta lahir. Kenapa saya mengurus ini? Karena ada kemungkinan Gementee akan meminta ini, dan juga saya sedang mengurus Visa Family untuk suami, sehingga akta lahir sangat dibutuhkan.

Dalam rentang waktu tersebut saya juga mendapatkan informasi mengenai akun bank AON yang akan digunakan selama di Wageningen. Tak hanya itu, ada beberapa informasi tentang Annual Introduction Day dan juga Cash Passport, saya akan membahas ini di blog post lainnya.

Akhirnya bulan Juli pun tiba, ada beberapa prosedur yang dibutuhkan jika ingin melakukan pengambilan data biometrik.

Proses Pengambilan Data Biometrik

  1. Melakukan appointment di website IND

Pembuatan visa MVV terhitung sejak tanggal 3 Apr 2017, hanya dapat dilakukan melalui appointment online. Sudah tidak mendatangi loket 2 di kedubes lagi. Pembuatan appointment online dapat dilakukan di

http://bit.ly/AppointmentNL

2. Setelah menentukan tanggal, ada beberapa hal yang butuh disiapkan oleh pemohon.

  • 🍰 passport
  • 🍰 fotocopy passport lembar identitas dan juga lembar halaman yang memiliki cap
  • 🍰 Entry visa approval letter (yg bahasa belanda)
  • 🍰 Formulir yang dikirimkan oleh IND
  • 🍰 passport photo (sesuai ‘photo matrix guidelines’ yg ada attachment di email) β†’ dpt jg dibuatkan di dubes langsung dgn biaya 50rb (sudah pasti sesuai dengan guidelines)

3. Pengambilan sidik jari di Kedubes Belanda

di hari yang telah kita pilih, datang ke Kedutaan Besar Belanda yang terletak di Jalan H.R Rasuna Said. Masuk ke dalam kedubes, jangan lupa letakkan barang-barang dan HP di loker yang telah disediakan. Setelah itu masuk ke ruangan visa. Setelah nomor antrian kita dipanggil, kita akan diminta menyerahkan semua berkas-berkas diatas kepada petugas. Tak lama, kita akan diminta melakukan pemindaian sidik jari. Setelah itu kita akan diberikan kertas yang berisi track number yang bisa dilihat di website IND.

4. Pengambilan visa yang sudah jadi

Biasanya visa study jadi dalam kurun waktu 1 minggu. Akan ada email notifikasi jika visa kita telah selesai. Pengambilan visa bisa diwakilkan dengan membawa lembar visa, surat kuasa dan ID card si pengambil visa. Simple bukan?

 

Visa bisa digunakan dalam waktu 90 hari, jika tidak berangkat dalam kurun waktu setelah visa dikeluarkan, kita akan diwajibkan mengurus ulang seluruh prosedur dari awal.

Semoga bisa membantu untuk panduan teman-teman ke depannya. πŸ™‚ Semangat!

 

Ditulis di DFW Indonesia, Tebet

21:21 19 Juli 2017

Sambil denger lagu Reason to Believe – Wilson Phillips

You may also like

2 Comments

  1. Hi mbak Adlien, congrats ya untuk beasiswa study nya πŸ™‚ saya lagi cari-cari info berapa lama nih proses MVV, dan akhirnya nyemplung kesini πŸ™‚
    cuma kalo saya karena nikah sama WN Belanda, nah kemarin suami di Amsterdam, sudah dapat surat dari IND untuk bayar biaya mvv.. duh kira-kira sama gak ya waktu approvalnya he he he.. berharap juga dalam semingguan.. thanks for sharing, siapa tahu nanti kita bisa ketemuan ya πŸ˜€

  2. Hi mbak Erika, wah seru banget nih bakalan membina rumah tangga di Belanda. πŸ™‚ congrats untuk pernikahannya.
    untuk visa keluarga sama WN Belanda sepertinya punya mekanisme yang berbeda mbak. Sepertinya agak lama dibandingkan MVV Study. Kalau MVV Study diuruskan langsung dengan universitas.
    MVV Family teman saya yang kebetulan mau ikut suaminya ke Belanda keluarnya lebih lama, sekitar 1 bulan lebih dibandingkan MVV study milik suaminya. πŸ™‚ Sabar ya mbak..

    Sampai bertemu di Belanda nanti mbak. πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *