Penjaga Budaya Tenun di Pelosok Flores

Dulu, pandangan orang mengenai batik sangat dianggap tua dan ketinggalan jaman. Batik hanya digunakan ketika pergi ke acara pernikahan, potong pita, sunatan dan juga akikahan. Agak aneh jika batik digunakan di acara non formal seperti ulang tahun. Selain itu Batik juga dianggap sebagai pakaian orang tua. Jangan heran jika seseorang yang memakai Batik di sebuah acara, akan dicemooh. “Tua banget sih lo pake batik.” “Kayak baju bokap gue, ih”. Namun ternyata Batik mampu bangkit dan menjadi salah satu pakaian yang diminati. Sejak tahun 2008, ketika Batik diklaim oleh negara tetangga, secara […]

Continue Reading

Keseruan Gathering Pertama TBI di Villa La Lita

peserta 1st TBI Gathering (exclude kak Vika) Setelah dipaksa minum susu cokelat oleh Bunda, saya pun berangkat dari rumah. Jam menunjukkan pukul 6.45 WIB. Saya segera meminta Majid untuk mengantar saya ke pangkalan angkot. “wah, bisa-bisa saya telat nih tiba di Stasiun Bogor,” pikir saya saat itu. Karena dua hari sebelumnya, saya berjanji akan mengibarkan bendera di Stasiun Bogor. Lokasi titik kumpul teman-teman Travel Blogger Indonesia (TBI) pada hari Sabtu (29/8). Akhirnya saya tiba di Stasiun Bojonggede pada pukul 7.24 WIB, saya pun segera mengejar kereta ke Bogor yang sudah datang […]

Continue Reading

36 Benteng Bersejarah di Maluku

Sejarah merupakan catatan peristiwa masa silam dan oleh karenanya dari sejarah kita dapat banyak berguru. Kedatangan Portugis ke nusantara ditandai dengan pembangunan benteng di sekujur tubuh nusantara. Hal ini dikarenakan kerjasama yang dilakukan oleh Portugis dengan para petinggi kerajaan. Awalnya kedatangan mereka disambut baik, namun lama kelamaan melakukan monopoli. Selain Portugis, Belanda juga tercatat sebagai salah satu sekutu kerajaan-kerajaan zaman dahulu. Hingga akhirnya para pendatang melakukan monopoli dan membuat rakyat marah. Namun saya tidak akan membuat tulisan tentang hal itu. Butuh analisa dan bukti sejarah untuk membuat tulisan yang keren. Hahah. […]

Continue Reading

Mencicipi Pulau Osi, Pulau dengan Hamparan Bakau

Banyak orang yang merekomendasikan untuk bertandang ke Pulau Osi. Sebuah pulau yang terletak di Seram Bagian Barat, Maluku. Akhirnya saya pun memberanikan diri untuk berangkat dengan berbekal uang 300 ribu hasil pinjaman. Lanjut! Langit cerah dan berawan mengawali pagi menuju Pulau Seram. Ambon sedang lenggang di hari sabtu, saya dan teman-teman saya, Noen mulai memacu sepeda motor ke Pelabuhan Fery di Hunimua. Membutuhkan sekitar 1 jam untuk menuju Pelabuhan Fery. Kami mencoba mengejar kapal yang akan berangkat pukul 10 pagi. Namun ketika tiba di Tulehu, jam tangan sudah menunjukkan pukul 09.48. […]

Continue Reading

Catat, Daftar Festival Mangente Ambon 2015

Patung Christina Martha Tiahahu Siapa sih yang tidak mengenal Ambon Manise. Kota yang termasuk dalam kawasan Indonesia Timur ini sekarang menjelma menjadi salah satu primadona wisata bahari di Indonesia. Nah, di tahun 2015 ini Kota Ambon akan mengadakan beberapa acara besar yang dikemas dalam Festival Mangente Ambon. Mangente merupakan bahasa daerah yang berarti Mengunjungi. Jadi Festival Mangente bisa diartikan secara bebas sebagai Festival untuk mengunjungi Ambon Manise. Heheh. Ada beberapa item acara yang menjadi sangat menarik untuk diikuti, misalnya Hadrat yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 Juli. Biasanya digelar pada hari […]

Continue Reading

Pengalaman Gila Direct Assesment X Makassar

Alhamdulillah saya bersyukur karena bisa masuk ke tahap ini Direct Assessment PM X. Karena saya tidak memiliki ekspektasi lebih untuk bisa masuk menjadi salah satu pengajar muda. Selain karena saya sudah suka dengan pekerjaan saat ini dan saya juga ingin melanjutkan studi di Negeri Kincir Angin. Inshaa Allah. Suatu Perjalanan Hidup Seingat saya pada 28 Maret 2011, Anies Baswedan yang saat itu menjadi motor penggerak Indonesia Mengajar datang dan melakukan roadshow di Universitas Hasanuddin. Saya yang benar-benar terpana dengan kata-katanya, “Lebih baik menyalakan lilin daripada mengutuk kegelapan”. Saat itu saya berjanji […]

Continue Reading

Ternyata Maluku Juga Punya Batik, lho

Siang itu, saya sedang mengurus NPWP di Kantor Pajak. Ponsel terus bergetar menunjukkan bahwa grup di sebuah media sosial sedang bercerita mengenai Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober. Saya pun menyetujui untuk mengikuti posting bareng dengan anak Travel Blogger Indonesia. Saya cukup bingung dengan tema ini, karena saya tinggal di daerah timur yang notabene tidak memiliki batik. Kalau bicara soal kain tenun, saya bisa bercerita tentang Flores, Sulawesi Selatan dan Maluku, tapi kalau batik?? Batik adalah warisan nenek moyang  yang dikenal sejak abad XVII. Awalnya ditulis dan dilukis […]

Continue Reading

Jika Kamu Punya 24 Jam di Kota Ambon

#Tulisan ini saya dedikasikan buat kamu yang sedang singgah atau punya waktu yang sedikit di Pulau Ambon. Apa yang akan kamu lakukan jika mempunyai sedikit waktu untuk menikmati kota yang pernah jadi saksi sejarah pendudukan Belanda? Nah, berikut ini adalah sedikit informasi dan tips bagi kamu yang akan jalan-jalan ke Ambon dalam waktu singkat. Saya akan menuliskan tempat-tempat dan kuliner apa yang harus kamu coba ketika di Ambon. Ada beberapa tempat kece untuk ambil gambar dan makan. Berikut sedikit infonya : Transportasi Dari bandara ke Ambon bisa menggunakan bis Damri, mobil […]

Continue Reading

Sendirian di Pemakaman Tua

Setiap kali saya melewati pemakaman yang dihiasi pohon besar, selalu ada keinginan untuk masuk. Menurut orang-orang disekitar pemakaman, ini adalah makam para prajurit asing yang gugur disini selama Perang Dunia ke 2. Sore itu langit masih cerah, setelah hujan terus mengguyur Kota Ambon dua hari belakangan. Melihat mentari yang menyembul malu-malu diantara awan, saya pun memutuskan untuk bersepeda sore, Sabtu (23/08). Penat seminggu rasanya harus dihapuskan.    Sepedahan pun dimulai Berbekal dengan uang 10 ribu, tripod dan kamera kesayangan, saya pun mengayuh sepeda menuju Kapaha. Sebenarnya jarak dekat sekali dari Pelabuhan […]

Continue Reading

Just Follow your Travelling Passion, guys!!

Selama saya mengikuti passion saya untuk travelling ke berbagai tempat, seringkali saya mendengar pertanyaan seperti ini : “Kok kamu jalan-jalan mulu sih, dlien? Banyak uang ya?” “Pasti kamu habis banyak uang kan untuk jalan-jalan?” “Kok berani sih jalan-jalan sendiri?” Padahal kalau dipikir-pikir saya tidak melakukan apa-apa, saya hanya mengikuti insting saya untuk travelling. Kecintaan saya pada travelling ini dimulai ketika SD, saat itu saya selalu dibully oleh teman-teman sekolah. Sehingga saya selalu bolos, pamitnya mau berangkat ke sekolah, tapi padahal nyari tempat tidur sambil kerjain PR hingga waktu pulang sekolah. Jarak […]

Continue Reading