9 Cara Dapat Uang Dari Internet

Internet bisa dapat uang? Banyak orang yang penasaran bagaimana cara mendapatkan uang dari internet. Ternyata hal ini bukanlah hal yang sulit. Pertama yang Anda butuhkan adalah internet dan komputer ataupun PC untuk berselancar di dunia maya. Mudah kan? Lalu bagaimana berikutnya?

Ada beberapa cara yang saya rangkum untuk mendapatkan uang dari internet. Saya akan menuliskannya berdasarkan pengalaman saya dan pengalaman orang lain di dalam thread Quora dalam negeri maupun luar negeri.

Membuat Website dengan Niche Tertentu

Untuk website dengan niche tertentu menjadi salah satu pasif income terbaik yang bisa kalian lakukan saat ini. Kenapa? Karena kalian bisa mendaftar Google AdSense untuk website kalian. Google akan menempatkan iklan di dalam website Anda yang jika diklik oleh pengunjung, Anda bisa mendapatkan sejumlah uang. Biasanya Google AdSense baru bisa dicairkan setelah mencapai jumlah tertentu.

Jadi ada dua kategori yang dinilai oleh Google AdSense. Pertama, Cost Per Click (CPC) atau Pay Per Click (PPC) Ads, iklan yang biasanya berbentuk banner yang terletak di konten ataupun sidebar halaman website Anda. Setiap pembaca yang klik di iklan tersebut, Anda akan mendapatkan bayaran dari sana. Jadi jangan heran jika di website-website besar, ada banyak iklan di sisi kanan, atas, dan bawah website. Kedua, CPM Ads atau cost per 1000 impressions merupakan iklan yang dibayarkan sesuai dengan seberapa banyak orang yang melihat iklan di website Anda.

Nah, selain Google AdSense banyak juga keuntungan jika Anda sudah memiliki website dengan niche tertentu, misalnya ajakan kerjasama dari brand yang akan saya bahas setelah ini.

Affiliate Link

Affiliate Link atau Affiliate Marketing merupakan sebuah sistem bisnis internet yang membayar jasa seseorang (pemilik website) ketika orang tersebut berhasil menjual produk atau jasa dari perusahaan yang dipasarkan melalui internet. Perusahaan yang mempunyai produk inilah yang membutuhkan pemilik website untuk menjual produk/jasanya.

Intinya kita bekerjasama dengan perusahaan untuk menjual produk ataupun jasa mereka. Saat ini saya melakukan affiliate link dengan Partnerize yang bekerja sama dengan Transferwise. Pembayarannya menggunakan EUR, dan diberikan setiap bulannya. Lumayan, bisa untuk kebutuhan mingguan ketika di Belanda.

Baca : Cara Gratis Kirim Uang ke Luar Negeri 

Kalau saya baca dari berbagai sumber di Quora, banyak orang yang menjadi affiliate link dari Amazon.com. Karena Amazon.com merupakan marketplace terbesar di dunia. Caranya? Anda mengulas sebuah produk yang Anda ketahui dengan baik. Ulasan Anda akan dibaca oleh orang lain dan orang akan meng-klik link yang Anda letakkan di website Anda. Setiap klik yang dilakukan oleh orang, maka Anda bisa mendapatkan uang dari sana.

Kerjasama dengan Brand

Kerjasama dengan Brand tak terdengar mudah. Anda harus sudah memiliki basis massa (followers), entah di website Anda ataupun di Instagram. Kerjasama dengan brand ini menjadi salah satu sumber pemasukkan yang bisa Anda tekuni, jika masuk di dunia online.

Misalnya saja website Anda memiliki niche khusus Travelling, biasanya akan ada permohonan kerjasama dengan pihak hotel ataupun tempat wisata. Kerjasama ini biasanya berbayar dengan mengajak Anda pergi menginap di hotel tersebut lalu melakukan review positif. Review positif ini biasanya disukai oleh pembaca dan membuat hotel tersebut didatangi oleh banyak orang.

Buat Channel Youtube

Seperti yang sudah kita ketahui, Youtuber menjadi salah satu pekerjaan yang diminati oleh banyak orang. Tak ayal sudah banyak artis-artis yang ikut menjajal lini Youtube, karena bayaran yang diterima per bulan cukup besar. Karena itu membuat konten Youtube yang aktif bisa menjadi salah satu cara Anda agar bisa mendapatkan uang secara online.

Boleh nih dilihat Youtube Adlien Travel Journal.. Hahah. (promosi terselubung). Mau subscribe juga bisa, atau mau saling subscribe dengan Youtube kamu. Bisa juga. 🙂

Beberapa hal yang harus diingat ketika membuat konten Youtube. Pastikan Anda memiliki konten yang bisa menarik perhatian. Misalnya saja konten Youtube anak-anak, karena saat ini salah satu Youtuber terkaya adalah seorang anak kecil yang aktif membuat konten mengenai mainan.

Ikut survey atau menjawab pertanyaan berbayar

Menurut beberapa informasi dari Quora, ada beberapa survey online yang membuat Anda bisa mendapatkan untung dari sana. Misalnya saja website RemoTask atau MOBROG. Saya coba yang RemotTask agak susah euy. Harus ikutin arahan dengan tepat.

Oia, selain itu kalian juga bisa ikut menjawab pertanyaan yang ada di Quora lho. Setiap pertanyaan yang kita jawab dengan baik dan benar bisa berpotensi mendapatkan uang dari sana. Menjadi Mitra Quora bisa mendapatkan uang dengan cara sering menjawab pertanyaan ataupun melontarkan pertanyaan disana. 🙂 Saya juga baru mau coba jadi Mitra Quora yang aktif. Heheh. Ayok saling follow.

Ikut lomba Blog

Kalau ini sepertinya sudah sering dilakukan oleh banyak orang. Mencoba peruntungan dengan mengikuti lomba blog bisa menjadi salah satu sumber uang. Banyak instansi pemerintah ataupun sebuah produk yang membuat lomba menulis blog yang berhadiah jutaan rupiah.

Bukan hal yang sulit untuk ditemui jika ingin update mengenai lomba blog. Ada beberapa akun Instagram ataupun Twitter yang membagikan informasi mengenai lomba-lomba blog yang ada. Hadiah yang ditawarkan sangat beragam, saya pernah beberapa kali menang lomba blog dan dapat hadiah sejumlah uang yang cukup untuk jadi biaya hidup sebulan ketika mahasiswa. 🙂

Ketika si bungsu Menjadi Dewasa adalah tulisan saya pertama kali lomba blog dan menang. Hadiahnya lumayan, dapat Rp. 1.500.000 untuk juara ketiga. Saya gak nyangka tulisan saya bisa menang. Alhamdulillah.

Membuat kelas online

Saat ini sudah banyak orang yang memiliki keahlian menjual jasanya dalam bentuk kelas online. Anda bisa melihat contohnya di website Udemy. Disana sudah coach yang menawarkan ilmunya kepada Anda melalui internet. Saya mengikuti kelas Udemy satu kali dan cocok belajar disana.

Para ahli menawarkan cara bagaimana Anda untuk mencapai sesuatu. Misalnya saja kelas “How to Make Money Online” yang memberikan kita informasi tentang cara mendapatkan uang secara online dengan lengkap. Karena itu saya membagikannya disini. heheh.

Menjual foto online

Anda suka fotografi? Hanya membagikannya di status Whatsapp ataupun Instagram? Sayang banget kalau gak diuangkan. Saat ini sudah banyak website yang menawarkan tempat untuk Anda menjual foto-foto Anda. Misalnya saja Shutterstock.com. Website ini bisa menjual foto-foto kita dengan harga yang lumayan.

Saya sudah mengupload sekitar 400 foto dan sekitar 14 foto yang laku hingga saat ini. Lumayan lah, sudah dapat 13 dollar walaupun belum dapat diuangkan. Tapi website ini worthed to try buat fotografer ataupun pecinta foto-foto. Ada beberapa jenis foto yang disukai oleh pelapak fotografi. Jadi Anda harus mempelajari foto apa saja yang bisa laku di dalam website tersebut.

Oia, jangan lupa membuat keyword yang gampang dicari oleh orang lain. Semakin bagus keyword yang Anda letakkan di dalam foto, semakin mudah foto Anda terjual.

Jadi freelancer online

Saat ini menjual jasa melalui website sudah banyak tersedia. Dua website yang sering jadi tujuan utama adalah Fiverr dan Expert Right. Anda bisa menjual jasa Anda di dalam website tersebut. Jasa yang Anda tawarkan bervariasi mulai dari 5 dollar. Untuk di Indonesia sendiri, sudah ada website yang menyediakan hal tersebut. Digimart jadi salah satu lini terdepan yang menghubungkan freelancer dengan orang yang membutuhkan jasa.

Digimart memiliki beberapa opsi bagi kalian freelancer yang mau mencari uang tambahan. Anda bisa menulis? Anda bisa desain? Anda bisa membuat website? Anda bisa script dan pemrograman? Semua ada disana.

Penutup

Jadi, sudah ada gambaran kan mau cari uang dari internet? Kalian tinggal pilih yang kalian sukai dan punya background kuat. Semoga dapat memberikan informasi. 🙂

ditulis di Tajurhalang

15:06 WIB Selasa, 18 Februari 2020

 

2 Replies to “9 Cara Dapat Uang Dari Internet”

  1. udh coba beberapa dari hal di atas, udh ada pemasukan tapi masih cukup buat beli jajan doang wkwk.. thanks infonya mbak, keknya musti coba yg blm kucoba deh 😀

    -Traveler Paruh Waktu

  2. Hahah. Lumayan bisa jajan,harus disyukuri sedikit-sedikit nanti lama-lama jadi bukit #autonyanyi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!