2022,  indonesia,  Opinion

Belajar tentang Broken Link di WordPress

Belajar tentang Broken Link demi website yang lebih baik. Hari ini saya belajar mengenai memeriksa broken link di dalam WordPress ternyata dibutuhkan. Setelah blog www.adlienerz.com aktif selama beberapa tahun, saya baru tahu kalau ada beberapa hal yang memengaruhi posisi website di Google. Broken link ternyata berpengaruh pada ranking website kita. Karena broken link membuat orang tidak ingin membuka blog kita. ๐Ÿ™

Ini adalah hasil ngulik-ngulik hari ini mengenai broken link.

Apa itu Broken Link

Merujuk dari berbagai website, Broken link juga kerap disebut dengan nama dead link oleh sebagian orang. Apa itu broken link? Broken artinya rusak, link adalah tautan. Jadi secara harfiah, tautan yang ada di dalam website kita sedang rusak atau tidak bekerja seperti seharusnya.

Kenapa sih Broken Link itu gak enak?

Ternyata dari berbagai survey, jika sebuah website menunjukkan kata-kata “404 Halaman Tidak Ditemukan” itu sangat menyebalkan bagi pengunjung blog kita. Apalagi jika broken link itu banyak terjadi di dalam website kita. Makin males mereka datang ke dalam website kita.

Broken Link itu bisa terjadi karena kita mengganti link kita di Website. Sama seperti kasus di www.adlienerz.com

Awalnya saya menggunakan format : https://adlienerz.com/2012/04/monumen-emmy-saelan-yang-terlupakan.html

Lalu saya menggantinya menjadi format : https://adlienerz.com/monumen-emmy-saelan-yang-terlupakan/

Kelihatan bedanya kan?

Di bagian awal, saya menggunakan format dengan tahun dan bulan penulisan, sedangkan yang kedua saya tidak menggunakan format tersebut. Jadilah mesin pencari tidak menemukan tulisan di dalam website dan menunjukkan halaman 404 Halaman TIdak Ditemukan.

Jangan Merubah Format Judul Blogpost

Jadi pelajaran banget sih buat teman-teman yang mau buat website di internet, jangan pernah merubah format penulisan. Kenapa? Karena jika website kita sudah dijadikan rujukan sebuah website keren, kita bisa mendulang traffic.

padahal udah direferred sama Wikipedia.org

Dan kalau link yang dimasukkan ke dalam website tersebut broken, yaaaa kita gak bisa dapat traffic nya huhuh.

Sama kayak kasus ku di website Wikipedia.com yang udah jadi rujukan, eh ditulis pranala tidak aktif permanen. Padahal website ku masih ada, cuman karena diganti formatnya aja. huhuh. sedih.

Cara Ngecek Broken Link

Kan gak enak banget tuh ada broken link, karena itu ada baiknya kita sebagai administrator website selalu mengecek broken link atau deadlink di dalam website.

broken link

Cara yang paling mudah untuk mengecek broken link menggunakan link https://brokenlinkcheck.com/broken-links.php#status

Tinggal masukkan nama website dan voila, mereka akan melihat berapa banyak broken link yang ada di dalam website kamu.

Hasil dari Pemeriksaan Broken Link Check

Hasil dari pemeriksaan https://brokenlinkcheck.com/broken-links.php#status ternyata situs www.adlienerz.com punya 2127 broken links. Gila banget kan.

Saya aja kaget banget. ternyata sampai sebanyak itu saya mengumpulkan broken links. Hal ini terjadi karena saya baru belajar mengenai broken link ditambah saya juga gak paham kalau perubahan format blog post itu membuat link jadi rusak. huuhuh.

hasil pemeriksaan broken link

Penting banget sih belajar mengenai broken link agar bisa aware dan selalu membersihkan link yang telah rusak.

Gimana Cara Membersihkan Broken Link?

Nah, setelah terlihat broken link yang ada, kita bisa mulai untuk membersihkannya. Sayangnya, website ini tidak bisa langsung melakukan pembersihan secara automatis. Semua harus dilakukan secara manual, jadi harus periksa satu-satu url yang ditunjukkan di dalam website.

Url lalu di klik dan kita lihat link apa yang rusak. KIta bisa menghapus secara manual di dalam website kita.

Capek banget sih. heheh. Saya baru menghapus 20 link aja udah lumayan terasa. Karena ada 900 artikel di dalam website adlienerz.com. Jadi lumayan banget jadi kerjaan jika menghapusnya satu-satu.

Penutup

Saran untuk para pemilik website, ada baiknya selalu rutin untuk mengecek broken link yang ada di dalam website kita. Hal ini ternyata bisa memberikan pengaruh yang baik kepada website jika link yang sudah tidak terpakai terhapus.

 

Tulisan ini adalah seri pencatatan hasil belajar Atrasina Adlina

ditulis di DFW Indonesia

20:29 WIB Selasa, 2 Agustus 2022

sambil denger Workshop Konten by Puty Puar

writer

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!