2021,  blog,  investor,  Opinion

Affiliate Marketing Untuk Cari Rupiah

Affiliate Marketing untuk mencari rupiah di saat digital seperti ini bisa dilakukan oleh siapapun. Asalkan punya akses internet dan mau belajar. Saya sudah mencoba beberapa Affiliate Marketing dan lumayan mendapatkan rupiah dari sana. Walaupun gak banyak, tapi alhamdulillah disyukuri. heheh.

Yuk, mari kita bahas sedikit mengenai apa itu Affiliate Marketing dan kenapa sih kita bisa mendapatkan uang dari internet?

Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Apakah Anda pernah mendengar kata-kata mengenai “mendapatkan uang dari internet”??

Pernah gak kepikiran ketika kita tidur, kita masih mendapatkan uang dari internet?

Internet bisa dapat uang? Banyak orang yang penasaran bagaimana cara mendapatkan uang dari internet. Ternyata hal ini bukanlah hal yang sulit. Pertama, yang Anda butuhkan adalah internet. Bisa dari tethering HP ataupun Wifi. Lalu yang kedua adalah memiliki perangkat mumpuni untuk bekerja. Anda bisa bekerja menggunakan laptop, PC ataupun HP untuk berselancar di dunia maya. Kalau sudah punya keduanya, mari kita bayangkan lagi tidur, tapi pundi rupiah tetap terisi dengan baik.

Saya pernah membahas ini lebih lengkap di dalam artikel : 9 cara mendapatkan uang dari internet

Ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari internet, salah satunya adalah melalui affiliates marketing. Secara harfiah Affiliate marketing atau pemasaran afiliasi adalah proses penawaran produk menggunakan jasa sebuah afiliasi.

Singkatnya, ada sebuah perusahaan yang membayar orang untuk menjual produk mereka. Orang ini yang disebut sebagai affiliate marketer akan dibayar dengan dua metode pembayaran, yaitu pembayaran saat produk berhasil terjual menggunakan link dari afiliasinya.

Affiliate Marketing

Affiliate Marketing merupakan sebuah sistem bisnis internet yang membayar jasa seseorang (pemilik website) ketika orang tersebut berhasil menjual produk atau jasa dari perusahaan yang dipasarkan melalui internet. Perusahaan yang mempunyai produk inilah yang membutuhkan pemilik website untuk menjual produk/jasanya.

Jadi si pemilik website (affiliate marketer) berproses untuk menulis, mengolah data, dan memberikan review mengenai sebuah produk, lalu ia mendapatkan komisi (uang) setiap ada produk atau jasa yang berhasil dibeli oleh customer. Seorang affiliate hanya mendapatkan komisi jika berhasil mendatangkan penjualan. Dan hasil rupiah ini biasanya berbeda tiap perusahaan.

Intinya kita bekerjasama dengan perusahaan untuk menjual produk ataupun jasa mereka.  Saya pernah melakukan affiliate link dengan Partnerize yang bekerja sama dengan Transferwise. Pembayarannya menggunakan EUR, dan diberikan setiap bulannya. Lumayan, bisa untuk kebutuhan mingguan ketika di Belanda. Tapi sekarang udah enggak lagi. huhu.

Baca : Cara Gratis Kirim Uang ke Luar Negeri 

Kalau saya baca dari berbagai sumber di Quora, banyak orang yang menjadi affiliate link dari Amazon.com. Karena Amazon.com merupakan marketplace terbesar di dunia. Caranya? Anda mengulas sebuah produk yang Anda ketahui dengan baik. Ulasan Anda akan dibaca oleh orang lain dan orang akan meng-klik link yang Anda letakkan di website Anda. Setiap klik yang dilakukan oleh orang, maka Anda bisa mendapatkan uang dari sana.

Atau pernah mendaftar sebuah aplikasi lalu dijanjikan untuk mendapatkan cashback jika berhasil mengajak teman untuk menggunakan aplikasi tersebut? Nah, itulah afiliasi.

Metode marketing ini berguna untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Karena biasanya cerita mengenai produk ataupun aplikasi didengar dari mulut ke mulut. Kalau saat ini dilihat dari IG Story ataupun WA Story. Hehe. Produk akan mengalami peningkatan jika tertarget.

Keuntungan jadi Affiliate Marketer

Menjadi seorang affiliate marketer, kita bisa mendapatkan uang hasil dari komisi penjualan produk yang kita pasarkan. Itu paling penting. Haha.

Lalu kita juga bisa bebas berkarya untuk bisa menjual produk yang dituju. Mulai dari membuat konten di Instagram, Tiktok, Youtube dan Facebook. Media sosial saat ini menjadi wadah berkreasi para konten kreator ketika menjadi affiliate marketer.

Saya sudah mendapatkan lebih dari Rp. 10.000.000 menjadi seorang affiliate marketer di beberapa situs penjualan selama setahun terakhir. Saya hanya bikin konten tulisan dan IG feed satu kali, lalu uang terus masuk ke dalam rekening saya di awal bulan.

enaknya jadi affiliate marketer adalah, bikin konten lalu lupakan 🙂

Asik banget. 🙂

Tugas seorang Affiliate Marketer

Lalu apa saja yang dilakukan oleh seorang Affiliate Marketer sih untuk mendapatkan uang?

sumber : InvolveAsia
  1. Pilih produk yang kamu percayai, suka ataupun mengetahui secara baik. Selain itu cari URL dan Program Referral dari produk tersebut.
  2. Buat tautan afiliasi untuk produk yang akan dipromosikan dari aplikasi. Biasanya tiap aplikasi punya tautan yang berbeda-beda.
  3. Cantumkan link affiliasi produk tersebut di konten Anda. Baik di sosial media ataupun website pribadi.
  4. Rutin promosi konten yang mengandung link affiliasi Anda. Semakin sering anda rutin promosi konten, semakin besar kemungkinan komisi yang akan Anda dapatkan 🙂
  5. Dapatkan komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan melalui link affiliasi Anda.

Keuntungan Affiliate Marketing Untuk Perusahaan

Nah, kalau dari segi bisnis, affiliate marketing ini juga punya keuntungan loh. Apa saja sih? Dikutip dari bizlab, ada beberapa keuntungan buat perusahaan atau bisnis jika menerapkan affiliate marketing, yaitu :

  1. Biaya yang rendah karena menghilangkan kebutuhan periklanan untuk membeli iklan visual dan ruang iklan.
  2. Biaya marketing yang rendah, dimana afiliasi yang menanggung biaya pemasaran. Biasanya afiliasi sudah memiliki website sendiri dan mereka yang membayar biaya tahunan sewa website.
  3. Risiko rendah, karena pembayaran hanya dilakukan jika afiliasi berhasil menjual produk/jasa. Jadi tidak perlu memberikan apapun kepada afiliasi ketika tidak berhasil menjual produk atau jasa.
  4. Traffic yang tertarget. Dimana afiliasi sudah mengerti market yang mereka punya. Misalnya kerjasama dengan website dengan niche travel, dimana produk berupa aplikasi perjalanan. Sehingga traffic tertarget.
  5. Return of Investment (ROI) yang tinggi.

Beberapa Situs yang Menerima Affiliasi Marketing

Oke, semoga sudah ada gambaran ya mengenai Affiliasi Marketing, nah, sekarang kita tinggal mencari situs atau perusahaan apa yang menerima affiliasi marketing. Karena tidak semua perusahaan memiliki sistem afiliasi ini. Selain itu beberapa perusahaan juga memiliki aturan main jika seseorang ingin mendaftar sebagai affiliate marketing mereka.

Semakin banyak kalian share artikel mengenai produk atau jasa tersebut atau share di media sosial

Saya akan membahas beberapa situs yang sudah saya pernah jajaki menjadi affiliate marketing mereka.

  1. Transfez
  2. Shopee Affiliate
  3. Bibit
  4. Gotrade
  5. Akseleran

Oke, mari kita mulai bahas satu per satu yaaa. 🙂

1. Transfez

Transfez merupakan sebuah aplikasi pengiriman uang dari Rupiah ke berbagai mata uang. KArena saat ini sudah banyak orang yang melakukan penanaman modal di negara lain atau mengirim anaknya kuliah di luar negeri, Transfez berkembang menjadi salah satu platform pengiriman rupiah yang besar. Kredibilitasnya juga tinggi, itu kenapa Transfez sekarang sudah bisa digunakan lebih ke 70 negara. Mantap betul.

Saya pernah dapat hampir 10 juta dari affiliate marketing Transfez, Kalian bisa baca refferal program di link ini.

Baca lebih lanjut : Transfez, Transfer Rupiah ke berbagai Mata Uang

2. Shopee Affiliate

Saya pernah membahas secara lengkap untuk menjadi Shopee Affiliate Marketing di link ini

Saya sudah beberapa bulan ini mendapatkan pendapatan rutin dari Shopee tiap dua minggu sekali. Lumayan, dapat Rp. 30.000 – 50.000 ribu per dua minggu. Intinya membagikan link sesering mungkin kepada orang atau followers di website ataupun Instagram.

3. Bibit

Bibit merupakan aplikasi fintech yang berfokus pada Reksadana. Saya suka dengan Bibit karena tampilannya bersih dan mudah digunakan. Karena itu, saya pernah menuliskan informasi mengenai Bibit panjang lebar di dalam website saya. Bibit memberikan cashback sebesar Rp. 25.000 jika ada orang yang mendaftar melalui link afiliasi kita.

Baca lebih lanjut : Review Bibit Lengkap untuk Reksadana

4. Gotrade

Gotrade merupakan aplikasi pembelian saham luar negeri. Jadi target nya adalah orang yang mau mencoba membeli saham di luar negeri dengan harga murah. Kenapa bisa murah? Karena bentuknya yang shareholder (1 lot dibagi ke beberapa pemilik), bukan dalam bentuk 1 lot seperti di Indonesia. Saya pernah membahas soal Gotrade dari A-Z di link ini.

Baca lebih lanjut : Review Gotrade A-Z

 

5. Akseleran

Saya memang memiliki ketertarikan untuk melebarkan beberapa jenis investasi di berbagai aplikasi. hehe. Akseleran merupakan aplikasi fintech yang berfokus pada Peer-to-Peer-Lending atau peminjaman orang ke sebuah bisnis. Investasinya juga murah, mulai dari Rp. 100.000 di setiap penanaman modal.

Bisa baca disini : Akseleran

Penutup

Ak masih belajar mengenai affiliate marketing ini, karena masih belajar secara otodidak. Wkwkw. Makanya belum maksimal banget. Menurutku, digital marketing itu masa depan. Kita wajib mempelajari sedikit-sedikit aja dulu. Tiap hari belajar 1-2 jam digital marketing gratis di Youtube atau Artikel.

Insya Allah, kalau konsisten lama-lama jadi bukit. Aaaamin ya rabbal alamin. Yuk, semangat!

16:36 PM, Sabtu 25 Desember 2021

ditulis di Tajurhalang sambil denger podcast Andhika Diskartes

writer

One Comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!