gotrade review lengkap
2020,  2021,  amerika serikat,  blog,  Opinion

Gotrade : Review Lengkap dari A – Z

Gotrade : Review Lengkap dari A-Z ini jadi artikel pertama mengenai aplikasi saham untuk beli saham di US yang lagi happening saat ini. Sudah banyak yang memberikan testimoni mengenai aplikasi untuk membeli saham di Amerika Serikat. Saya telah melaksanakan kelas “Mengenal Aplikasi Gotrade” malam ini dan ingin menuliskannya ke dalam blog agar lebih banyak yang bisa membacanya.

Saya sudah menggunakan aplikasi ini selama 1 bulan, dan sudah merasakan keseruannya menabung saham US. ๐Ÿ™‚ Semoga tulisan ini bisa bermanfaat.

Agenda kita akan berfokus pada hal-hal ini yaitu, kenapa beli saham US, cara beli saham US, aplikasi gotrade, cara deposit dana, pilih saham Syariah, dan system dollar cost averaging.

Pengertian Saham Secara Garis Besar

Saham adalah sebuah bukti kepemilikan nilai sebuah perusahaan. Kata saham sendiri diambil dari bahasa Arab yang berarti pemilik perusahaan. Dengan saham, kitaย bisa mendapatkan keuntungan namun juga bisa merugi berlipat ganda. Dijelaskan oleh (BEI), saham adalah tanda penyertaan modal dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Karena ikut tanamkan modal maka punya klaim atas pendapatan perusahaan, klaim atas aset perusahaan, dan berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Selama ini saya aktif sebagai pemegang saham di beberapa emiten di pasar saham Indonesia. Kenapa saya berusaha mengenalkan saham ke teman-teman di dalam Instagram, Berdasarkan Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (OJK) tahun 2016, tingkat pemahaman (literasi) masyarakat Indonesia terhadap pasar modal adalah 4.40% dan tingkat utilitas produk pasar modal adalah 1.25%. Sangat rendah dibandingkan negara lain.ย  Padahal saham bisa menjaga nilai mata uang dari inflasi dan bisa menjaga nilai asset.

Kenapa Saham Amerika Serikat

membeli saham amerika

Dalam kelas ini saya menitikberatkan saham di Amerika Serikat. Pilihan diversifikasi saham di Amerika Serikat bisa jadi pilihan untuk teman-teman yang ingin mencoba membeli saham dari perusahaan dunia. Selain itu pasar saham US sudah dikenal dengan system good governance yang baik. Dan yang paling penting adalah kita selalu melihat produk yang beredar. Paling gampang adalah produk-produk teknologi yang tidak ada di dalam listing pasar bursa di Indonesia.

kenapa beli saham amerika

 

Mengutip dari Pluang.com , ada indeks S&P500 mewakili 500 saham terbesar di pasar saham AS. S&P 500 secara luas dianggap sebagai pengukur terbaik dari saham berkapitalisasi besar AS dan berfungsi sebagai dasar untuk berbagai produk investasi. Jika ditelisik, indeks S&P 500 ini mencakup 500 perusahaan terkemuka atau 80% kapitalisasi pasar yang ada di AS. Ketika dikonversi ke Rupiah, imbal dari S&P500 dapat mencapai 2869.4% dalam lima tahun. Di sisi lain, IHSG yang mewakili semua perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia malah menghasilkan imbal sekitar 351.72%.

Di sini, kita menghitung imbal dari kedua indeks tersebut menggunakan CAGR (Compound Annual Growth Return). CAGR merupakan sebuah rasio finansial yang dapat memberi gambaran tingkat pertumbuhan investasi yang sama setiap tahunnya, dimana keuntungan setiap tahun diinvestasikan kembali.

Peluang inilah yang banyak diambil oleh para investor Indonesia untuk ikut mencicipi rasa saham di Amerika Serikat. ๐Ÿ™‚

Tantangan Berinvestasi Saham di Amerika Serikat

Untuk membeli saham US itu butuh dana segar dalam jumlah BESAR. Buat Ibu Rumah Tangga seperti saya dengan dana kecil, butuh keberanian lebih jika ingin terjun ke dalam bursa saham.tantangan beli saham amerika

Setau saya, ada dana deposit yang harus diberikan jika mau membeli saham di US. Misalnya Interactive Broker harus menyetor dana awal $10.000. Yang paling sering saya temui adalah Etoro dengan dana deposit $200, tapi sekarang sudah tidak bisa beroperasi di Indonesia. Hal ini karena dibatasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bapepti).

Kenapa dibatasi? Karena broker internasional tidak diawasi dibawah Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Karena itulah, Gotrade yang berada di bawah lisensi perusahaan Malaysia dan berlokasi di Singapura dianggap ilegal oleh OJK. Daftar pakai invite token saya disini

Beritanya bisa dilihat disiniย  . Selain itu dari pemahaman saya membaca banyak website, karena pihak Gotrade belum mendaftarkan izin usahanya di Indonesia. Sama seperti broker internasional lainnya, aplikasi sekuritas internasional tidak memiliki izin OJK. Jadi hampir kebanyakan pemegang saham US menggunakan VPN untuk membeli saham US. Penjelasannya bisa dibaca disini : https://kumparan.com/berita-update/cara-membeli-saham-luar-negeri-sekarang-tak-ribet-lagi-1v4NfCvZ1jx/full

Nah, saat ini sudah ada aplikasi yang membuat pembelian saham US menjadi lebih mudah, yaitu Gotrade.ย  Aplikasi LEGAL dan bisa dipercaya. Kok bisa? silakan baca hingga selesai ya..

Fractional Shares, Apa itu?

Gotrade menawarkan sebuah aplikasi yang memudahkan kita membeli saham US dalam bentuk fractional shares. Apa itu fractional shares? Dikutip dari https://ronaldsukianto.com/aspek-hukum-tc-dan-konsep-dari-aplikasi-gotrade-untuk-investasi-saham-us/

Order untuk saham fraksional (di bawah 1 lembar saham) akan dilakukan oleh Alpaca Securities yang artinya tidak akan ada sertifikat kepemilikan untuk saham di bawah 1. Jika diperlukan untuk transfer saham, saham fraksional harus dilikuidasi (dijual) sebelum ditransfer dalam bentuk mata uang. Hal ini berlaku untuk hak seperti voting dan penerimaan dividen, untuk saham fraksional tidak akan mendapatkan dividen fraksional dalam bentuk cash maupun saham.

Dividen hanya bisa didapatkan jika kita membeli saham dalam bentuk utuh, yaitu 1 lot saham. Jadi kalau mau beli dividen, gak bisa beli saham yang fractional shares.

Apa itu Gotrade? Apakah ini benar Legal?

Merujuk pada informasi dari Bungeko.com, Gotrade adalah nama sekaligus merek aplikasi yang dimiliki oleh TR8 Securities Inc. Sedangkan TR8 sendiri merupakan perusahaan swasta berdomisili di Singapura. Perusahaan didirikan pada 2019 lalu. Dan baru booming di Indonesia awal tahun 2021. Aplikasi ini sudah banyak direkomendasikan oleh akun yang membahas saham di Instagram.

TR8 Securities Inc yang merupakan perusahaan Singapura ini justru terdaftar di Labuan, Malaysia. Praktis, TR8 Securities Inc masuk kategori perusahaan midshore. Labuan sendiri memang sudah sejak 1990-an dirancang oleh Malaysia sebagai pusat keuangan offshore dunia.

mengenal gotrade

Meski secara legal adalah perusahaan Singapura, dan terdaftar di Malaysia, namun Gotrade didirikan oleh putera Indonesia lho. Adalah Norman Wanto, pemuda Indonesia yang sedang di Singapura, yang menjadi salah satu coโ€“founder-nya.

Norman Wanto bertindak sebagai Chief Technology Officer (CTO) TR8/Gotrade. Sedangkan dua co-founder lain, Rohit Mulani dan David Grant, masing-masing menjabat sebagai CEO dan COO.

Gotrade juga mendapatkan suntikan dana investor untuk pengembangan aplikasi hingga $7m. Bukan dana yang main-main untuk ukuran sebuah startup.

Kelebihan Gotrade untuk Investasi

Ada fitur yang membuat saya berani untuk menawarkan Gotrade ke teman-teman saya.

  • Gotrade ini memiliki tampilan yang user interface terbilang user friendly dibanding aplikasi kebanyakan. Interface nya mudah dipahami.
  • Pembelian saham dilakukan dengan sistem fractional shares atau per lembar pecahan. Pembelian saham bisa dimulai dari US$1 saja. Gotrade merupakan platform legal yang diawasi oleh SIPC.
  • Saat ini transaksi jual ataupun beli di dalam aplikasi Gotrade masih Tanpa komisi (free transaction).
  • Registrasi mudah dan cepat cuman 1-2 hari. Tanpa perlu menggunakan VPN. Dan hanya menggunakan KTP dan selfie tanpa KTP
  • Gotrade memungkinkan kita membeli saham dari perusahaan-perusahaan top dunia, seperti Tesla, Microsoft, Intel, Amazon, Coca Cola, dan sebagainya.
  • Yang paling saya suka, cara deposit sangat mudah karena terhubung dengan layanan perbankan besar di Indonesia, seperti Bank BNI, Bank MANDIRI, Bank BRI, serta Bank BCA. Bisa pakai FLIP juga kalau tidak punya bank-bank tersebut. Asik banget.
  • Oia, Gotrade punya batasan untuk trading yaitu dibatasi hanya 3x tiap 5 hari. Hal ini menjadikannya relevan untuk penyimpanan jangka panjang.
  • Tak hanya itu, Gotrade juga sudah memanfaatkan keamanan berbasis biometrik. Dengan begitu kamu bisa melakukan kegiatan tanpa repot mengetik email dan sandi berulang.

Definisi Setiap Party di dalam Sistem Gotrade

definisi tiap party di gotrade

  • Kita: adalah pelanggan atau customer pengguna jasa / services yang disediakan oleh Gotrade.
  • Gotrade, atau TR8 Securities Inc. adalah perusahaan terdaftar dalam Labuan Companies Act 1990, Malaysia yang memiliki lisensi untuk menjalankan bisnis dalam aturan Labuan Financial Services Authority dan Securities Act 2010.
  • Labuan Financial Services Authority adalah lembaga pengatur dan pengawas dari pemerintah Malaysia. Mempunyai peran seperti Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia.
  • Rapyd adalah penyedia jasa pembayaran atau fintech-as-a-services platfrom.
  • Alpaca Securities, LLC adalah perusahaan broker terdaftar dan anggota dari FINRA dan SIPC US yang menjadi broker saham kita. Transaksi jual beli melalui broker Alpaca ini. Gotrade bukanlah sekuritas.

Alur Dana Uang di Gotrade

alur dana investor di gotrade

Intinya, uang kita secure di aplikasi Gotrade, karena sebenernya, bukan Gotrade yang pegang. Jadi, dengan membuka akun di Gotrade kita sejatinya mendaftar sebagai nasabah Alpaca Securities. Saham-saham yang kita beli-jual juga transaksinya melalui Alpaca Securities. Lalu disimpan untuk kita atas nama Alpaca sebagai broker. Praktik seperti ini lumrah di bursa saham AS. Istilahnya street name.

Merujuk pada beberapa website, street name terjadi saat kita membeli sekuritas melalui perusahaan broker, sebagian besar perusahaan akan secara otomatis memasukkan sekuritas Anda ke dalam “street name”. Ini berarti perusahaan pialang Anda akan menyimpan sekuritas Anda atas namanya atau calon lain dan bukan atas nama Anda, tetapi perusahaan Anda akan menyimpan catatan yang menunjukkan Anda sebagai pemilik sebenarnya atau “pemilik manfaat”. Yaaahhh. gitu lah intinya. Bisa cek sendiri di Google ya..

Singkatnya, walaupun saham yang kita beli di Gotrade sebenarnya dieksekusi, diselenggarakan, dan disimpan dalam bentuk โ€œStreet Nameโ€ di bawah Alpaca Securities, nama kita tetap tercantum sebagai pemilik asli dan penerima manfaat sebenarnya dari saham tersebut.

Gotrade dalam hal ini hanya bertindak sebagai introducing broker. Pemilik Gotrade, yakni TR8 Securities Inc, hanyalah sekuritas perantara. Mereka menghubungkan kita dengan Alpaca melalui aplikasi Gotrade.

Apakah Gotrade Aman?

Buat investor, pasti akan berpikir, lah kemana uang saya nantinya? Emang bisa diawasi walaupun tidak dibawah OJK? Investasi bodong aja kan banyak .. Takut..

seberapa aman gotrade

Merujuk pada postingan dari akun IG SahamTalk disini, Gotrade diawasi oleh lembaga milik US. Ada dua parties yang akan mengawasi dana kita di dalam aplikasi Gotrade, yaitu Securities and Exchange Commision (SEC) dan Financial Industry Regulatory Authority (FINRA).

Fungsi dan tugas SEC memberikan hukuman dan pengawasan pada, kasus insider trading, pemberian informasi yang tidak benar, kejahatan akuntansi, pelanggaran lain yang ditetapkan UU.

Sedangkan FINRA adalah Badan independen yang mengatur dan mengawasi perusahaan sekurtias dan pialang di Amerika dengan tugas sebagai berikut : melakukan ujian kualifikasi bagi perusahaan sekuritas, menyediakan layanan brokercheck, dan pengawasan perusahaan sekuritas dan pialangnya.

Cara Mendaftar Gotrade?

Gotrade pendaftarannya cukup mudah. di awal pembukaan Gotrade, setiap orang bisa dapat $6 secara gratis untuk membeli saham. Namun saat ini orang yang membuka rekening di Gotrade hanya akan mendapatkan $2 secara gratis. Syaratnya apa? Menggunakan invite token dari orang lain dan mengisi deposit sebesar 150.000 atau sekitar $10 saja. Gunakan invite token saya 629567 agar bisa dapat $2 secara gratis.

belajar aplikasi gotrade

  1. Install Aplikasi Gotrade di dalam smartphone.
  2. Pilih Continue with Google. Pastikan sudah ada email Google yang terdaftar di dalam HP tersebut (gmail.com / gmail.co.id)
  3. Masukkan Invite Token 629567
  4. Terlihat yang memberikan invite token. Lalu Klik ikon Continue
  5. Anda akan mendapatkan $2 secara gratis jika melakukan deposit minimal $10 nanti.
  6. Klik Continue
  7. Masukkan nama sesuai dengan KTP yang Anda miliki. Jangan pakai KTP orang lain ya.
  8. Buat kode pin 4 angka atau bisa juga bikin sidik jari. Karena Gotrade memudahkan kita untuk login dengan sidik jari.
  9. Pilih Nationality, Pilih Indonesia
  10. Masukkan tanggal lahir sesuai dengan KTP
  11. Masukkan pekerjaan yang saat ini sedang dikerjakan untuk menghidupi keluarga
  12. Masukkan pekerjaan saat ini.
  13. Masukkan alamat tempat tingga saat ini (yang sesuai dengan KTP)

  14. Pilih cara untuk verifikasi antara KTP atau paspor. Kalau saya memilih KTP.
  15. Ambil gambar KTP bagian depan (yang tidak ada fotonya)
  16. Ambil gambar KTP bagian belakang (yang ada foto mukanya)
  17. Siap untuk mengambil foto selfie tanpa KTP
  18. Selfie dengan wajah yang jelas (tanpa pegang KTP ya)cara daftar gotrade
  19. Centang semua boxes yang ada dan kalian sudah terdaftar dalam aplikasi Gotrade. Mudah bukan?

Mulai Menggunakan Gotrade

Setelah terdaftar sebagai pengguna, kita akan mendapatkan email welcome dan juga bisa membuka aplikasi. Saya akan menjelaskan tampilan Gotrade yang sangat mudah untuk dipahami.

isi interface gotrade

Gambar disamping adalah harga 1 lot saham Microsoft dengan kode emiten MSFT. Harganya $336 di bursa saham pada hari Jumat. Oia, bursa saham US itu hanya terbuka dari jam 9 malam sampai jam 3 pagi. Kalau bursa saham Indonesia jam 9 pagi sampai jam 3 sore. heheh.

yang saya lingkari warna biru – Shares adalah jumlah fractional shares yang saya miliki dan tercatat di Gotrade. yaitu 0.018433959. Sedangkan lingkaran orange – Equity adalah jumlah uang yang belikan fractional shares melalui Gotrade. Sedangkan lingkaran hijau atau Avg Cost adalah harga saham MSFT saat saya beli yaitu harga $295.67.

Nah yang lingkaran kuning itu adalah Total Return – bisa dibilang selisih antara harga beli ($295.67) dan harga saat ini ($336.06). Bisa dilihat saya sudah cuan atau untung sebesar 13.66%

Jika saya jual saham Microsoft saya pada harga tersebut, saya bisa mendapatkan keutungan $0.74 . Keliatan di dalam aplikasi nantinya. Sudah mulai keliatan kan serunya nabung saham? heheh. ๐Ÿ™‚ Tapiiiii, ingat pasar saham tidak selalu berwarna hijau yaa. selalu ada potensi loss .

memilih gotrade

Resiko Dalam Pasar Saham Amerika Serikat

resiko dalam pasar saham yang paling terkenal adalah jika saham yang kita beli delisting atau dikeluarkan dari bursa saham.

Lalu capital loss saat harga saham antara harga beli dan harga jual berbeda jauh. MIsalnya saya beli UNVR di harga 7000, lalu saya jual (cut loss) di harga 5000. Saya rugi 2000 x 100 lembar = 200.000. Lumayan juga kalau punya 10 lot yang harus dijualresiko pasar saham

Lalu yang seringkali ditakutkan para investor saham US adalah jika Gotrade bubar sedangkan kita menyimpan uang kita.

kalau dari pembahasan Youtube ini mengenai skenarion jika Gotrade Bangkrut. Menurut video diatas, dana kita dipegang di custodian bank yang di asuransikan sampai $250k,
dan asset anda di pegang oleh Clearing Broker yang teregulasi ketat dengan SIPC dijamin s/d $500k.

Jadi kalau mau aman, jangan sampai nabung saham lebih dari $500k ๐Ÿ™‚

Mengenal Aplikasi Gotrade

mengenal gotrade

Seperti ini tampilan Gotrade. Sangat mudah dipahami. Lingkaran biru muda adalah ikon home seperti yang ada di dalam gambar. Kalau yang merah adalah gambar chart untuk ngecek saham yang kita miliki, ikon magnifier biru adalah tempat cari saham yang kita inginkan. warna orange untuk isi deposit dan hijau adalah profile dan help menu

Kalau bagian ini , harus nyobain sendiri pakai apps nya. hehe. bisa coba-coba sendiri yaa nanti kalau sudah install ๐Ÿ™‚

Jangan lupa pakai Invite Token saya 629567 untuk dapat $2 secara gratis!

Membeli Saham Syariah di Pasar Saham Amerika Serikat

Nah, lanjut ke memilih saham syariah. Saya adalah tipe-tipe investor yang berusaha mematuhi syariah. Kalau untuk saham di Indonesia bisa cek secara berkala di https://investorsyariah.id/daftar-saham-syariah-terbaru-2021/

Apakah investasi saham itu halal? Iyaa. Jika perusahaan yang kita beli sesuai syariah. Ada beberapa indikasi sebuah saham di katakan halal untuk dibeli yaitu :

saham syariah
1. Emiten tidak melakukan kegiatan usaha sebagai berikut:
a. perjudian dan permainan yang tergolong judi;
b. perdagangan yang dilarang menurut syariah, antara lain:
– perdagangan yang tidak disertai dengan penyerahan barang/jasa;
– perdagangan dengan penawaran/permintaan palsu;
c. jasa keuangan ribawi, antara lain:
– bank berbasis bunga;
– perusahaan pembiayaan berbasis bunga;
d. jual beli risiko yang mengandung unsur ketidakpastian (gharar) dan/atau judi (maisir), antara lain asuransi konvensional;
e. memproduksi, mendistribusikan, memperdagangkan, dan/atau menyediakan antara lain:
– barang atau jasa haram zatnya (haram li-dzatihi);
– barang atau jasa haram bukan karena zatnya (haram lighairihi) yang ditetapkan oleh DSN MUI;
– barang atau jasa yang merusak moral dan/atau bersifat mudarat;
f. melakukan transaksi yang mengandung unsur suap (risywah); dan

Emiten memenuhi rasio-rasio keuangan sebagai berikut:

a. total utang yang berbasis bunga dibandingkan dengan total aset tidak lebih dari 45% (empat puluh lima per seratus); atau
b. total pendapatan bunga dan pendapatan tidak halal lainnya dibandingkan dengan total pendapatan usaha (revenue) dan pendapatan lain-lain tidak lebih dari
10% (sepuluh per seratus);

Saya jujur, sangat menghindari saham yang berbau bank. Misalnya BBNI, BBCA, BBRI, dan jenis bank virtual seperti JAGO, BBTN, dan lain sebagainya. Saya cari saham yang sesuai dengan syariah dan terdaftar di dalam indeks bursa saham syariah. ๐Ÿ™‚

Nah, untuk saham US pun sama juga polanya. Enaknya di Gotrade, mereka sudah memberikan list saham syariah yang bisa kita beli. Btw, saham syariah di US itu lebih ketat penilaiannya. Bisa dibaca disini https://www.idxchannel.com/market-news/aplikasikan-aturan-islam-ini-contoh-saham-syariah-wallstreet

Intinya karena pasar bursa saham di US sudah mengusung Good Governance Penentuan shariah compliance atau kepatuhan syariahnya pun lebih ketat dari Indonesia. Hal tersebut dikarenakan pasarnya lebih dewasa dan konstituennya jauh lebih besar. Harusnya sih ada 6000 saham syariah yang terdaftar, tapi yang bisa diperjualbelikan dalam bentuk fractional shares hanya 267 saham syariah.

Klasifikasi Jenis Saham di Gotrade

Serunya di Gotrade adalah saham yang sudah di klasifikasi berdasarkan kesamaan satu sama lain. Kita bisa melihat ada klasifikasi saham syariah, saham yang berkecimpung dalam COVID-19, Gold, Fashion, Technology dan lain sebagainya. ๐Ÿ™‚ Jadi kita mudah sekali untuk mencari saham yang sesuai dengan value diri kita. ๐Ÿ™‚

Misalnya kita memang berfokus pada saham syariah, cukup selalu buka emiten dengan kategori syariah. Jika suka dengan perusahaan yang berfokus pada penyembuhan Covid-19, silakan buka kategori Covid-19. Atau saham dengan kategori Top Movers yang selalu mencetak harga naik.

Atau misalnya mau kategori saham yang high tech. Dan setiap saham itu bersinggungan antara satu kategori dengan kategori lainnya.

Cara Deposit Dana di Gotrade

Untuk mulai membeli saham di bursa saham US, kita hanya perlu memasukkan deposit sebesar $10 atau sekitar Rp. 150.000. Dan yang paling saya suka, cara deposit sangat mudah karena terhubung dengan layanan perbankan besar di Indonesia, seperti Bank BNI, Bank MANDIRI, Bank BRI, serta Bank BCA. Bisa pakai FLIP juga kalau tidak punya bank-bank tersebut. Asik banget.

cara deposit gotrade

  1. pilih opsi Deposit in Gotrade. Lihat ikon yang saya lingkari warna merah.
  2. pilih opsi tergantung dengan penggunaan bank Anda. Karena saya pengguna BNI, maka saya pilih BNI sebagai tempat deposit agar bisa free transfer.
  3. Karena saya isi di saat pasar saham sedang libur, jadi muncul tampilan seperti ini. Terserah Anda pilih yang mana, saya pilih yang tiba esok. Supaya murah. Hehe
  4. minimal deposit adalah $10 atau sekitar 150.000, jika dibawah itu, tidak bisa untuk melakukan deposit.
  5. Transfer ke Virtual Bank Account bank yang kita pilih. Kalau tidak ada bank yang sama dengan bank kita, bisa gunakan FLIP. Tetap berhasil kok ๐Ÿ™‚

Membeli saham dengan Dollar Cost Averaging

Apa sih metode Dollar Cost Averaging? Secara garis intinya saya selalu membeli saham yang sama terus menerus tiap bulan . Sama seperti pertanyaan ini. Saya berusaha rutin mengisi deposit saya di beberapa instrumen investasi, yaitu Saham dan Reksadana. ๐Ÿ™‚

dollar cost averaging

Dollar Cost Averaging (DCA) sebuah metode sederhana dimana kamu menginvestasikan jumlah uang yang sama setiap bulan ataupun setiap minggu. Strategi ini akan membantu kamu disiplin untuk membeli unit yang lebih banyak pada waktu harga turun dan lebih dikit pada waktu harga naik. Tanpa harus peduli kondisi ekonomi. Tanpa peduli harga naik turun.

Buat investor pemula, tipe dollar cost averaging ini sangat cocok. Selalu beli saham emiten yang bluechip, jangan beli saham gorengan. Supaya gak jantungan nantinya. Dan Intinya konsisten!

Investasi Ala Adlien

Sebagai Ibu Rumah Tangga yang dijatahin untuk mengatur keuangan, saya mendapatkan jatah sebesar sekitar Rp. 500.000 – Rp. 600.000 untuk investasi jangka panjang.

dollar cost averaging ala adlien

Ini adalah contoh saya untuk menginvestasikan uang saya tiap bulan. Jumlah ini bisa berbeda-beda bagi tiap orang. Tapi karena saya memang punya dana dingin segini, ya saya tabung segini. hehe. ๐Ÿ™‚

Karena saya punya target jangka panjang dan menengah. Saya baru akan menjual saham saya setelah mencapai target waktu. Yaitu 10 tahun ke depan. hehe.

Dan tipe-tipe investor berbeda-beda, temukan tipe investing teman-teman dulu. Intinya banyak baca dan belajar. Saat ini Instagram jadi sumber utama saya belajar untuk saham. Karena itu saya sangat gencar menjelaskan mengenai investasi saham di dalam Instagram. hehe.

Lakukan Analisa Dalam Membeli Saham di Bursa Saham

analisa dalam pasar saham

Untuk memilih saham pun ada caranya, yaitu analisa teknikal dan analisa fundamental. Biasanya analisa teknikal digunakan oleh trader, sedangkan analisa fundamental digunakan oleh investor jangka panjang. Saya membaca informasi sebuah perusahaan sebelum saya memutuskan untuk membeli saham.

Saya menjelaskan pakai emiten saham di Indonesia ya. Misalnya saham perusahaan yang sering saya lihat. Misalnya SIDO, TLKM, CLEO, UNVR. SIDO adalah kode emiten Sido Muncul, TLKM adalah kode Telkom, CLEO kode dari perusahaan air minum Cleo, dan UNVR dari Unilever. Disclaimer ON, saya tidak merekomendasikan saham-saham tersebut. Lakukan pencarian sendiri yaa. Karena ingat, saham adalah produk high risk. Do it your own risk.

Penutup

terima kasih

Panjang sekali penjelasan mengenai Gotrade dari A-Z, semoga semuanya bisa dicerna. Jika ingin diskusi lebih lanjut di dalam DM, Instagram saya selalu terbuka di @adlienerz. Jangan lupa gunakan invite token 629567 agar lebih cepat pengurusannya. ๐Ÿ™‚

Semangat belajar investasi!

ditulis di Tajurhalang

1:47 AM, Senin 8 November 2021

setelah mengadakan kelas Whataspp mengenai Gotrade Beli Saham US

sambil dengar lagu Piano Man

writer

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!