Cara Mudah Mengembangkan Dana Mulai dari Rp100 Ribu

akseleran, 100 ribu

Akseleran, Cara Mudah Mengembangkan Dana 100 Ribu. Saat ini beragam cara untuk mengembangkan dana bertebaran dimana-mana. Kita sebagai calon investor yang ingin mengembangkan dana tinggal memilih mana yang cocok dengan budget kita, apalagi pendanaannya dimulai dari Rp100 ribu. Lalu yang terpenting adalah jenis permodalan yang diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Salah satunya adalah Peer to Peer (P2P) Lending.

Apa sih P2P Lending itu? 

P2P Lending bisa dikatakan sebagai kegiatan pinjam meminjam antar perseorangan. Orang per orang. Kegiatan ini sudah kita kenal sejak lama, dan kebanyakan dalam bentuk perjanjian informal.

Nah karena semakin tinggi kecanggihan teknologi, sistem pinjam meminjam orang per orang ini diberikan wadah, berupa platform pihak ketiga. Dengan platform ini, seorang individu atau perusahaan bisa mendapatkan pendanaan dari banyak individu. Dimana dalam P2P lending semuanya dilakukan secara online. Kebanyakan peminjam dan pemberi pinjaman tidak pernah bertemu sama sekali.

Saat ini sudah banyak aplikasi atau platform yang menawarkan kemudahan pinjam meminjam, salah satunya adalah Akseleran.

Apa itu Akseleran?

Akseleran adalah sebuah platform P2P lending di Indonesia untuk mempermudah peminjam dana mendapatkan dana segar dari para pemberi pinjaman. Kebanyakan yang menjadi peminjam adalah sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang membutuhkan pinjaman buat mengembangkan usaha. Sedangkan Pemberi pinjaman adalah orang yang memiliki dana lebih untuk mendanai pinjaman tersebut. Pemodalam di fintech ini dimulai dari Rp100.000. Sangat ringan bukan untuk sebagai permulaan?

Namun, sebagai calon pemberi pinjaman yang ingin mengembangkan dana, pasti kita memiliki banyak pertanyaan tentang Akseleran.

Lalu apa untungnya melakukan permodalan kepada peminjam?

Apakah nanti dananya akan balik ke kita?

Bagaimana keamanan melakukan permodalan di Akseleran?

Untung dan Rugi di Akseleran

Akseleran menyediakan akses permodalan kepada pelaku usaha dengan suku bunga yang kompetitif dan fleksibilitas dalam tenor pinjaman, model pembayaran, serta penyertaan agunan. Akseleran juga membuka alternatif peluang pemberian pinjaman kepada masyarakat Indonesia untuk memperoleh imbal hasil yang menarik dan sepadan dengan risiko yang ada.

Imbal Hasil

Untuk imbal hasil di Akseleran tertera pada setiap jenis usaha yang ingin kita danai. Akseleran memilih jenis usaha yang dimiliki oleh UKM kecil maupun UKM besar. Kita bisa melihat jenis usaha yang ingin kita danai.

Misalnya pinjaman beragunan untuk korporasi kredit motor, pengadaan bahan material konstruksi, distributor produk FMCG, bahkan pengadaan barang untuk penanganan Covid-19.

Bunga yang diberikan juga menarik, hingga mencapai 21% per tahun dan tergantung proyek yang didanai. Tenor yang ditawarkan juga tidak terlalu lama. Biasanya berkisar antara 2 bulan hingga 21 bulan. Selain itu ada juga proteksi asuransi jika proyek mengalami kendala di kemudian hari dan asuransi tersebut mengcover hingga 90% dari dana pokok yang dipinjamkan..

Risiko Pendanaan

Di dalam perjanjian pertama ketika kita mendaftarkan diri sebagai calon investor ada pasal 8.1 yang menegaskan dengan jelas risiko pendanaan di Akseleran.

Anda mengerti bahwa pemberian pinjaman melalui Portal Akseleran mengandung risiko yang substansial, di antaranya risiko kredit atau kegagalan pembayaran dan risiko tidak likuidnya agunan.

Untuk informasi lebih lengkap bisa cek di sini atau di sini. Jadi sama dengan fintech lain, ada kemungkinan pendanaan yang macet atau terlambat dalam melakukan pengembalian dana.

Keamanan Mengembangkan Dana di Akseleran

Untuk menjamin para pemberi pinjaman Akseleran sudah terdaftar di dalam list Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Saat ini sudah ada 154 fintech yang berizin dan terdaftar di OJK. Akseleran, sudah berizin dan diawasi oleh OJK sejak 13 Desember 2019 dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. Mekanisme transaksi dana pinjaman di platform ini juga aman dan tidak merugikan pengguna. Hal ini berkat diraihnya sertifikasi ISO 27001, sehingga keamanan pengguna dalam meminjam dana di Akseleran lebih terjamin.

Selain itu, sebagai pihak calon investor kita juga wajib memperhatikan TKB Total. TKB (Tingkat Keberhasilan) Total merupakan angka perbandingan nilai kredit bermasalah (Non Performing Loan / NPL) terhadap total nilai pinjaman yang berhasil disalurkan. Nilai TKB Total pada website Akseleran diperbaharui setiap 24 jam sekali pada pukul 00.00 WIB. Nilai TKB Total Akseleran juga tinggi yang artinya terjadinya risiko kredit macet dari peminjam semakin kecil dan ini menunjukkan upaya Akseleran dalam memitigasi risiko sangat baik yakni di angka 99,8% per 7 Desember 2020.

Selain itu, OJK mewajibkan fintech meletakkan informasi TKB90 di halaman utama platformnya. TKB90 adalah ukuran tingkat keberhasilan pihak penyelenggara fintech dalam hal ini Akseleran memfasilitasi penyelesaian kewajiban pinjam meminjam dalam jangka waktu sampai dengan 90 hari terhitung sejak jatuh tempo.

Akseleran sendiri memiliki nilai TKB90 98,63% per 7 Desember 2020. Hal ini menandakan bahwa potensi dana macet hanya 0.2%. Misalnya pemberian pinjaman sebesar 1 juta rupiah maka potensi pinjaman macet adalah sebesar 2.000 rupiah. Dibandingkan dengan potensi pendapatan dari pinjaman yang lebih besar.

Apakah Akseleran Syariah?

Sayang sekali, jawabannya tidak. 🙂

Akseleran hanya memiliki sistem pendanaan yang konvensional. Semoga saja kedepannya bisa ada pendanaan Syariah yaa. 🙂
Kalau mau tetap mengembangkan dana melalui fintech ini, Anda bisa menggunakan kode referral saya :

 AKSLATRASINA388256

 

Ketika kali pertama Anda menggunakan kode referral di atas, secara otomatis Anda akan mendapatkan biaya pendanaan pertama sebesar Rp. 100.000. Uang ini bisa digunakan sebagai pendanaan proyek yang sedang berjalan dan membutuhkan dana.

Proses Pendaftaran Akseleran

Untuk proses pendaftaran cukup mudah, tapi yang perlu diingat Anda harus mempersiapkan KTP dan NPWP Anda. Karena proses pendaftaran memerlukan proses verifikasi wajah dengan KTP di tangan Anda.

Akseleran menawarkan kemudahan untuk orang yang membutuhkan pinjaman dengan modal Rp. 100.000. untuk memulai, Anda tinggal mendownload aplikasi Akseleran di HP atau buka di website.

Setelah itu mendaftarkan diri dan mengisi formulir yang telah disediakan. Lalu verifikasi nomor HP yang kita gunakan untuk mendaftar.

Ketika kode OTP sudah didapatkan, masuk ke tahap selanjutnya, yaitu verifikasi KTP dan wajah. Setelah itu memberikan foto NPWP yang masih aktif. Kita juga diminta untuk memberikan informasi bank yang kita gunakan.

Tahap terakhir adalah menandatangani Surat Perjanjian dengan Akseleran dengan bantuan tandatangan virtual dari PrivyID. Setelah semua tahap selesai,

Mulai Jadi Pemberi Pinjaman (Lender) dengan Rp100 ribu

Seperti yang telah saya jelaskan di atas, ada banyak yang proyek yang bisa diberikan pinjaman.

Harganya bisa mulai dari Rp100 ribu. Jangan lupa menggunakan kode referral yang telah saya berikan agar bisa mendapatkan modal Rp100 ribu secara gratis. ☺

 

Ditulis di Makassar

21:44 WITA Jumat, 4 Desember 2020

6 Replies to “Cara Mudah Mengembangkan Dana Mulai dari Rp100 Ribu”

  1. Aplikasinya aman, kak?

  2. Benar, saya juga pakai itu.

  3. Bagus kak aku akan daftar

  4. aman banget kak, ada update yang jelas mengenai proyek yang kita danai. 🙂

  5. toosss. 🙂 selamat mengembangkan dana kak 🙂

  6. iya kak. bagus untuk mulai belajar berinvestasi 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!