2021,  Anak-anak,  indonesia,  Opinion

Kelas Binar Bermain Belajar

Kelas Binar_Bermain Belajar membuat saya tertarik untuk mempelajarinya lebih jauh. Saat saya sedang mencari ide bermain untuk Ayyash, saya menemukan akun Instagram ini. πŸ™‚

Saya pun menyelam masuk ke dalam akunnya dan menemukan banyak ide bermain yang bisa saya tiru dan modifikasi untuk Ayyash. Dan qadarullah, mereka sedang membuka kelas bermain untuk anak Batch 9. Langsung daftar dong. hahah.

Dan ternyata kelas Binar Bermain Belajar ini bukan hanya untuk anak, tapi juga orang tua. Kita sebagai orang tua ikut diajak berrefleksi ketika menemani anak bermain. Masya Allah. Eits, sebelum jauh saya membahas soal bermain. Yuk kenalan dulu dengan Binar Bermain Belajar.

Latar Belakang Ikut Kelas Binar Bermain Belajar

Alhamdulillah Ayyash berumur 2 tahun. Ia semakin aktif dan semakin sering mencari kesibukan. Karena jujur, saya memang tidak memberikan ia gadget sejak kecil. Saya memilih untuk tidak memberikan gadget untuk membuatnya anteng. Hal ini bisa dilakukan karena bantuan anggota keluarga di rumah. I’m thankful of that. Alhamdulillah.Β 

Nah, karena ia semakin besar dan semakin rutin mencari kegiatan yang membuatnya sibuk. Saya pun sering membuat permainan yang seringkali bisa dimainkan. Tak ayal, saya membeli banyak mainan di marketplace untuk membuatnya senang. Padahal belum tentu mainan itu bermanfaat bagi Ayyash, karena bisa saja tidak sesuai dengan umur atau kesukaannya.

Karena itulah, saya mulai sering mencari informasi ide bermain untuk Ayyash. Hingga akhirnya bertemulah dengan akun IG Binar. Apa sih Binar itu?

-arti nama Ayyash-

Apa itu Kelas Binar Bermain Belajar

BInar Bermain Belajar adalah sebuah program yang sesuai dengan STTPA atau singkatan dari Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini. Nah, dengan itulah, mereka mulai merancang kegiatan yang bisa memantik pengetahuan anak. Dikembangkan oleh Mbak Nani Nurhasanah dan sudah berjalan sampai batch 9. Uwooo.

Penjelasan soal Binar Bermain Belajar bisa dicek di dalam link ini.

Mencari ide permainan yang cocok untuk anak 2 tahun banyak sekali bertebaran di dalam Instagram. Saya mencoba memberikan stimulasi yang tepat untuk anak dini. Stimulasi adalah rangsangan dari lingkungan untuk menimbulkan respons tertentu. Kegiatan bermain bisa dikategorikan sebuah kegiatan yang menyenangkan dan bisa membuat anak senang.

Yang saya suka dengan kegiatan Binar adalah orang tua diberikan kesempatan yang sama untuk bereksplorasi dan mengembangkan diri. Karena memang menemani anak bermain butuh cara yang baik.

Kenapa akhirnya memilih Binar?

Setelah ikut banyak kegiatan webinar mengenai arti kegiatan bermain. Saya mulai melihat kondisi Ayyash dengan baik. Saya ingin Ayyash menikmati masa kecilnya dengan baik. Saya tidak ingin Ayyash kehilangan masa kecilnya. Tapi di satu sisi saya juga tidak ingin exhausted ketika belajar ataupun menemani Ayyash bermain. Ribet bukan? Hahah.

Karena itu, kegiatan di Binar Bermain ini saya harapkan bisa membantu saya untuk mencarikan kegiatan yang lebih terstruktur dan lebih terarah sesuai dengan usianya.

Jujur saja, Ayyash sudah mulai demanding untuk membuat kegiatan eksperimen baru tiap harinya. Karena kegiatan seperti membaca buku sudah mulai menjadi kegiatan sehari-hari, jadi ia ingin mulai untuk melakukan kegiatan sendiri.

Ia juga sudah memiliki jadwal yang tetap. Saya yang punya jadwal berantakan ini malah belajar sama Ayyash.

Strong Why Bergabung dengan Gerakan Binar?

Awalnya saya hanya ingin mengisi waktu Ayyash. Namun setelah melihat banyak cerita mengenai manfaat bermain, saya pun mulai mencoba merubah persepsi saya. Bermain merupakan hal yang bisa memenuhi aspek perkembangan anak usia dini. 0 – 6 tahun. Mulai dari Kognitif, Bahasa, Fisik / Motorik, Sosial, Emosi dan juga Moral.

Karena itu ketika ditanya apa strong Why untuk brgabung dengan Binar. Saya akan menjawab, untuk mendapatkan pengalaman bermain yang lebih terstruktur, sesuai dengan usia dan juga mematangkan segala aspek dalam diri Ayyash. Saya ingin ia bisa menikmati masa kecilnya dengan maksimal dan belajar berbagai hal.

Ilmu yang ingin dipelajari dalam kelas Binar?

Saya sudah ikut banyak webinar mengenai perkembangan anak. Saya ingin merefresh kembali semua materi dari beberapa webinar tersebut. Lebih mindful ketika bermain bersama anak. β€˜Ada’ bersama anak ketika bermain. Minimal 10 menit saat menemani ia bermain dan belajar bersama Binar.

Sikap pembelajar yang ingin diterapkan?

Setelah ikut kelas materi untuk orang tua di kelas Binar, saya mulai paham, bahwa menjadi pembelajar itu tidaklah mudah. Harus mengosongkan isi gelas yang telah kita dapatkan. Memulai untuk menerima ilmu baru. Untuk kasus saya, saya terbiasa untuk menyilangkan informasi A dan informasi B. Sehingga bisa saling melengkap informasi.

Sikap pembelajar yang akan saya tunjukkan dalam kelas Binar ini adalah meluangkan waktu minimal 10 menit ketika bermain bersama Ayyash. Saya akan berusaha lebih mindful dan tidak menggunakan gadget saat menemani anak bermain.

Selama ini saya selalu mencoba memaksakan kehendak saya agar Ayyash mau bermain. Namun di dalam kelas Binar ini, saya kembali diingatkan bahwa anak bukanlan objek. Jadikan ia subjek. Sehingga setiap perasaan anak harus dikonfirmasi dan di observasi.

Jadi saya akan memiliki waktu 10 menit yang fleksibel dalam menemani Ayyash bermain. Lebih banyak melihat, menanyakan perasaan dan menanyakan apa yang ia inginkan untuk dilakukan pada hari itu.

Saya yakin, banyak hal yang akan saya pelajari selama kelas BInar ini. Semoga saya, Arif dan Ayyash bisa menjadi teamwork yang baik untuk ikut kelas Binar selama 1 bulan penuh. Bismillah

Output yang saya inginkan setelah ikut kelas Binar

Saya ingin memiliki satu buah buku jurnal harian yang menceritakan proses belajar saya dan Ayyash selama 30 hari nantinya. Karena selain kelas Binar, saya juga ikut kelas dari Cendekiwan Cilik di waktu yang hampir bersamaan. bismillah. Semoga kami bertiga bisa menjadi team work yang kompak dalam menjalankan kegiatan ini. Aamin ya rabbal alamin πŸ™‚

 

Ditulis di Tajurhalang,

22:11 Selasa, 5 Oktober 2021

writer

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!