Lampu Smart dari Bardi dan cara Install

Ketika dengar kata smart home, salah satu produk lokal yang terngiang adalah Bardi. Sudah banyak produk smart home yang dikeluarkan oleh Bardi. Salah tiganya adalah lampu RGB, smart indoor camera dan remote infrared. Seperti apa pengalaman saya menggunakan produk Bardi?

Kali ini saya akan mereview produk Lampu Bardi yaitu Smart Bulb 9W, RGBWW.

Smart Bulb 9 W – RGBWW, Lampu Smart untuk rumah

Perkenalan dengan produk Bardi dimulai ketika sedang mencari inspirasi desain kamar. Salah satu akun Youtube yang saya tonton, memperlihatkan bagaimana isi kamar kost dengan produk smart home. Salah satunya adalah lampu dari Bardi yang bisa diatur sesuai dengan keinginan kita melalui aplikasi. Nah, kebetulan Bardi merupakan salah satu produsen produk smart home dengan harga terjangkau. Lampu dengan RGB ini jadi salah satu produk unggulan mereka.

Apa saja kelebihan lampu ini?

Lampu pintar (LED pintar) adalah lampu LED yang dapat diatur sedemikian rupa melalui smartphone. Dilansir dari sejumlah situs, LED yang dapat dioperasikan dengan remote control juga dapat dikategorikan menjadi lampu pintar. Kita bisa mengatur tingkat pencahayaan dan warna. Produk keluaran Bardi ini dilengkapi dengan timer atau terhubung dengan musik. Fitur tambahan inilah yang menjadi karakteristik dari lampu pintar dibandingkan lampu biasa.

Di dalam aplikasi Bardi untuk lampu, kita bisa menemukan ribuan warna yang kita inginkan sesuai dengan keinginan kita. Mau kamar dengan keadaan terang benderang, bisa pilih mode Working. Mau bekerja di dalam kamar bisa pilih mode Working. Kalau mau menggunakan laptop tapi anak sudah tertidur, lebih baik gunakan mode Night. Atau kalau lagi denger musik dan mau ambience ruangan mengikuti musik, bisa pilih mode Music. Selain itu, Bardi juga menyediakan beragam mode lainnya buat Anda yang suka berkeksperimen dengan warna.

Bagi yang selalu menggunakan alarm smartphone mereka sebagai jam alarm, mengatur lampu pintar tidaklah sulit. Anda dapat memanfaatkan fungsi kontrol lampu di aplikasi untuk membuat Anda bangun dari tidur dengan menyegarkan

Spesifikasi Lampu Smart Bardi

Lampu dengan 9 w, cocok digunakan untuk ruangan 3×3. Bisa disimpan di kamar tidur, ruang belajar, ataupun ruang televisi keluarga.  Bardi juga bisa disambungkan ke Google, Alexa ataupun Tuya. Jadi gak perlu buka apps, tinggal teriak ke Google, taarrraaa, lampu Bardi kalian bisa nyala. Hehe.

Berikut ini karakteristik dari Lampu Bardi .

Berat 150 gram
Dimensi 60 x 60 x 105 mm
Masa hidup 50.000 jam
Temperatur warna 2700-6500K
Base lampu E27
Kecerahan 810 lumen
Daya 9 W
Aplikasi yang kompatibel Tuya, Alexa, Siri, dan Google

Cara Pasang Lampu Bardi

Memasang Lampu Bardi ini juga gak terlalu rumit, mereka menyediakan cara setting di buku panduan yang lumayan tipis. Kita hanya perlu memasang bohlam di base lampu E27, fitting lampu paling umum di Indonesia. Jadi gak perlu khawatir kalau base lampu di rumah kamu E27, Bardi Smart Bulb akan bisa cocok disana.

Cara menambahkan perangkat Bardi ke Aplikasi Bardi

 

  1. Masuk ke Play Store dan cari apk Bardi atau bisa klik disini. Setelah terdownload, lalu buka aplikasi Bardi.
  2. Di dalam home, kita akan menemukan tanda tambah (+). Klik tanda tambah
  3. Pilih device yang kita punya, yaitu Smart Bulb 9 W RGBWW
  4. Pilih Wifi yang akan tersambung dengan lampu smart, lalu masukkan password
  5. Reset perangkat Bardi. Untuk lampu, kita harus melalukan prosedur nyala, mati, nyala, mati, nyala. Lalu tunggu hingga lampu berkedip-kedip. Ini tanda bahwa wifi telah terhubung dengan lampu Bardi.
  6. Lampu bisa langsung digunakan. Jika kalian membeli banyak Lampu Smart untuk dirumah, ada baiknya ganti nama dengan lokasi ruangan. Misalnya lampu kamar, lampu dapur, atau lampu ruang belajar. Jadi tidak akan tertukar nantinya.

Kesimpulan

Produk ini bisa dibeli di beberapa e-commerce Indonesia ya. Selain produk 9 W, kalian juga bisa menemukan 7 W dan 12 W yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalian. Harganya berkisar antara 100.000 hingga 160.000 per lampu. Cukup murah bukan? Dibandingkan produk smart bulb lain, Bardi masuk dalam kategori yang ramah di kantong.

Kalau ingin kamar kalian punya ambience yang sesuai mood kalian, bisa banget beli lampu smart Bardi disini. 

ditulis di Makassar

12:35 WITA 26 November 2020

sambil dengar album 18 again

5 Replies to “Lampu Smart dari Bardi dan cara Install”

  1. Kebetulan posisi saklar sama kasur ku jauh banget. Jadi suka mager kalau mesti jalan buat nyala matiin lampu. Pake BARDI cuma dikontrol dari aplikasi aku bisa nyala matiin sambil tiduran. Asli enak banget pake BARDI. Instalasinya juga gampang banget

  2. wahhh.. thanks banget ya informasinya, kebetulan mau beli dan liat review ini jadi langsung mau order.. Thanks again hehe…

  3. iya kak, sama-sama. semoga membantu yaaa. 🙂 Terima kasih sudah berkunjung 🙂

  4. membantu sekali kak.. pengen beli baca baca review dulu hehe

  5. Lampu ini theeeeeeeee beeesssstt, nemenin terus sambil kerjaaaa, setel musik, badan goyang ngikutin warna jugaaa

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!