Mengenal Dunia Saham Bersama MNC Sekuritas

Saya mulai mengenal dunia saham bersama MNC Sekuritas per September tahun 2019. Ketika saya mulai terjun di dunia investasi saham, sempet ditakuti-takuti sama orang. Bahkan dari keluarga dekat, semuanya antipati ketika saya mengatakan bahwa saya mau mulai berinvestasi saham.

Mengenal MNC Sekuritas

Persepsi orang terlanjur buruk ketika mendengar kata saham. Hal ini karena saham diidentikkan dengan judi atau kerugian besar karena main saham. Saya membaca beberapa akun saham di Instagram untuk mencari informasi. Dan ketemulah sebuah kelas Saham Pemula yang diadakan oleh IDX Event di tahun 2019 yang bekerjasama dengan MNC Sekuritas.

Kali itu saya mendaftarkan diri dengan otak yang masih awam sekali. Namun sebelumnya saya banyak baca informasi dari akun instagram @ngertisaham dan @idx_event. Saya membaca highlight 1- 14 dengan seksama, lalu saya pun mantap mendaftarkan diri ke MNC Sekuritas.

Hanya dengan membayar 100 ribu, saya sudah mendapatkan kelas berisi informasi tentang saham dan saldo di Rekening Dana Nasabah (RDN). Saya belajar banyak di kelas tersebut. Pertemuannya hanya sekali, tapi materi yang diberikan sangat ringan dan mudah dimengerti.Tentunya saya harus terus mengupgrade ilmu saya, karena ilmu kan selalu berkembang. Heheh.

Kelas Saham Pemula di CoffeeToffe Bogor

Kelas Saham Pemula yang diadakan oleh MNC Sekuritas ini diadakan di CofeeTofee Bogor. Saya datang dengan kondisi perut yang sedang hamil besar, 4 hari lagi saya akan lahiran. Hahah. Tapi demi mengejar ilmu dan manfaat untuk masa depan, akhirnya saya bela-belain pergi kesana sendirian.

Naik gojek dari rumah ke POST Coffee Toffee, setibanya disana kelas sudah dimulai. Pematerinya sedang menjelaskan mengenai apa itu Pasar Modal. Masih ingat sekali, pematerinya menjelaskan bahwa di dalam pasar modal jangan membeli saham berdasarkan isu yang sedang hype. Lalu ia juga menjelaskan kenapa harus menabung saham.

Pemateri menjelaskan bahwa dengan membeli saham, secara otomatis kita juga ikut memiliki perusahaan tersebut. .Siapa yang gak bangga punya saham Unilever walaupun hanya 0,0000000000001% hahah. Selain itu ada keuntungan berupa Capital Gain dan Dividend per tahun.

Hal yang paling ditekankan oleh pemateri adalah penanaman mindset jika kita mulai untuk nabung saham. Selama ini kebanyakan orang adalah berlomba-lomba untuk membeli product entah karena kebutuhan atau memang sekedar keinginan. Jika mindset ini dirubah, kita memiliki saham perusahaan tersebut, bukankah lebih menarik?

Saya langsung kepikiran mau punya 1 juta lembar saham TLKM setelah kelas ini. hahah.

Menentukan Target

Beliau juga menjelaskan bahwa saham 10 tahun yang lalu, harganya sudah naik di tahun sekarang. Karena itu beliau menyarankan agar ketika menabung saham punya target jangka panjang. Misalnya beli 4 saham yang terbaik setiap bulan, 1 lot saham milik istri, 1 lot saham anak, 1 lot saham suami dan 1 lot lagi untuk warisan.

Dengan target menabung saham, orang akan lebih punya tujuan untuk terus menabung. Selama ini saya menggunakan MNC Sekuritas untuk menabung dana pendidikan Ayyash. Targetnya adalah jenis saham yang masuk dalam kategori Bluechip. Contekan dari pemateri tersebut, gunakanlah foolist theory. Cari apa yang digunakan oleh banyak orang. Misalnya saja Unilever ($UNVR), PT Telekomunikasi ($TLKM), PT Astra International ($ASII), dan lain sebagainya.

Tapi tetap saja harus perhatikan fundamental perusahaan. Apakah perusahaan ini bisa bertahan untuk 17 tahun mendatang. Penting banget sih memelajari fundamental perusahaan, jadi ketika pasar modal terhantam keras seperti saat Covid-19 datang, kita tidak terlalu panik. Walaupun emang deg-degan sih. Hahah.

Menabung Saham Bersama MNC Sekuritas

Sudah setahun lebih saya menabung saham bersama MNC Sekuritas, saya puas dengan kinerjanya. Walaupun mungkin bagi orang yang ingin trading saham applikasinya sering ngelag dan bikin kesel. Tapi buat investor buat saya, sudah bagus banget. 🙂

Tampilannya agak membingungkan untuk pertama kali digunakan, tapi di dalam Kelas Saham Pemula itu, pemateri menjelaskan dengan sangat gamblang. Dan saya juga ngerekam cara penggunaannya, jadi kalau lupa saya tinggal buka rekaman itu saja. Hehe.

Selain itu buat yang masih takut melakukan transaksi jual beli saham di aplikasi, bisa pakai aplikasi dummy. Jadi kita bisa belajar terlebih dahulu bagaimana cara melakukan jual dan beli. Dikasih uang dummy sebanyak 100 juta di dalam rekening dummy MNC Sekuritas. Seru kan?

Jadi, tunggu apalagi untuk nabung saham? Semuanya dimulai sejak sekarang. Semangat

 

Ditulis di Tajurhalang,

20:40 WIB Kamis, 25 Februari 2021

sambil dengerin suara jangkrik

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!