2020,  2022,  indonesia,  Opinion

Cara Urus Paspor Anak di Imigrasi Depok

Cara urus paspor anak di kantor imigrasi Depok. Berikut ini adalah proses pembuatan Paspor bareng Ayyash di Kantor Imigrasi Depok di Depok Town Square. Saya mengambil lokasi di Depok Town Square karena dekat dengan stasiun kereta Pondok Cina. Tinggal jalan kaki aja.

Gimana proses awal pembuatan paspor anak? Simak penjelasannya sebagai berikut.

Alasan Urus Paspor untuk Anak

Pas Bunda ku tau , @ayyash.ariad udah mau dibikinin passpor . Beliau protes. Ngapain sih anak kecil udah bikin paspor ?

Dulu Bunda aja baru bikin paspor pas udah kerja. Aku membahasakan ke Bunda mengenai perbedaan zaman beliau dan zaman generasi Milenial .

Anak – anak zaman sekarang , kita borderless . Kita tau bahwa selalu ada kesempatan untuk pergi ke luar negeri kapanpun.

Ada banyak kesempatan untuk ikut short course , beasiswa , pelatihan dan lain sebagainya .

“Dulu, ketika Adlien jadi maba, Adlien Langung buat paspor. Karena saya punya mimpi untuk ikut pertukaran pelajar saat mahasiswa . Entah kapan kepakainya , yang penting bikin aja dulu . Kalau tiba – tiba dapat kesempatan, gak akan ribet. hehe” ujarku menjawab Bunda.

Karena memang setelah saya buat paspor, Alhamdulillah saya dapat kesempatan ke AS dan ke Malaysia. cara urus paspor anakMimpi aja dulu .

Bikin paspor aja dulu. Sisanya tinggal usaha dan kerja keras kita . Siapa tau jadi rejekinya Ayyash ikut sama ortunya ke Luar Negeri . Aaaminn ya rabbal alamin

Aplikasi M-Paspor untuk Bikin Paspor Mudah

Pertama-tama mendaftar melalui aplikasi M-Paspor milik Imigrasi Indonesia. Aplikasi M-Paspor merupakan aplikasi yang dapat digunakan masyarakat untuk melakukan pengajuan permohonan paspor baru dan penggantian paspor secara online.

Aplikasi M-Paspor ini akan memudahkan kamu dalam pengurusan paspor, kamu tinggal lengkapi dan upload dokumen persyaratan melalui handphone, bayar biaya permohonan paspornya, lalu datang ke kantor imigrasi pilihan kamu untuk wawancara dan perekaman data biometrik. Mudah bukan?

Jika membuat paspor anak, harus didampingi oleh orang tua saat pendaftaran pembuatan paspor dengan aplikasi M-Paspor. Saya memilih untuk membuat paspor biasa 48 halaman.

Cara dan Tahapan Mendaftar M-Paspor

Berikut ini adalah cara dan tahapan dalam mendaftar melalui aplikasi M-Paspor

  1. Install Aplikasi M-Paspor di HP anda. M-Paspor sudah bisa diinstall di HP Android dan OS
  2. Membuat akun dengan email. Lalu Login menggunakan email dan password yang kita buat.
  3. Isi formulir yang ada di dalam aplikasi sesuai dengan data diri
  4. Unggah berkas persyaratan yang dicantumkan. Dalam hal ini kita diminta untuk mengunggah KTP untuk verifikasi NIK. Unggah juga Kartu Keluarga / Akta Lahir/ Buku Nikah jika diperlukan. Untuk pembuatan Paspor Anak, kita diminta menggunggah KIA (Kartu Identitas Anak), Akta Lahir, KK dan Buku Nikah orang tua.
  5. Lalu lengkapi data pemohon pembuat paspor dengan benar.
  6. tambah pemohon jika membuat paspor anak. Jadi berangkat bareng sama anak.
  7. Pilih kantor imigrasi dan jadwal kedatangan. Pilih dengan bijak, karena kita hanya diberikan opsi pembatalan 1 kali dan dilakukan minimal H-1. Jika tidak, uang yang nanti kita bayarkan akan hangus.
  8. Pindai Kode QR yang disediakan. Nanti muncul kode pembayaran . Catat nomor tagihan yang tertera. Lalu bayar biaya layanan. Saya menggunakan m-banking BNI. Saya akan jelaskan cara bayarnya dibawah

 

Bayar Paspor via mBanking BNI

Pindai Kode QR yang disediakan. Nanti muncul kode pembayaran . Angka yang di copy Karena saya menggunakan bank BNI, berikut ini adalah cara pembayarannya.

  1. masuk ke aplikasi M-Banking BNI
  2. Pilih menu PEMBAYARAN
  3. pilih menu PENERIMAAN NEGARA
  4. Masukkan nomor tagihan yang sudah dicatat
  5. Bayar sesuai dengan tagihan tertera. Untuk paspor biasa harga Rp. 350.000 sedangkan paspor elektronik Rp 650.000

Persiapan Sebelum Datang ke Kantor Imigrasi

Ada baiknya sebelum datang ke kantor imigrasi mempersiapkan hal berikut ini :

Pembuatan Paspor Anak

  1. Print out bukti pembayaran
  2. Print out bukti pendaftaran dari aplikasi M – Paspor
  3. Kartu Identitas Anak (KIA) asli dan Fotokopi KIA : cara buat KIA
  4. Akta Lahir Anak dan Fotokopi akta kelahiran anak
  5. Kartu Keluarga dan Fotokopi KK
  6. Buku Nikah dan Fotokopi Buku Nikah
  7. Materai 10.000

Pembuatan Paspor Orang Tua

  1. Print out bukti pembayaran
  2. Print out bukti pendaftaran dari aplikasi M – Paspor
  3. Paspor Lama (jika untuk perpanjangan Paspor)
  4. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan Fotokopi KTP
  5. Kartu Keluarga dan Fotokopi KK
  6. Materai 10.000

Datang ke Kantor Imigrasi

Saya memilih Kantor Imigrasi di Depok Town Square karena menurut beberapa referensi, antriannya lebih sedikit. Selain itu lokasinya juga dekat dengan stasiun Pondok Cina. Saya hanya perlu berjalan kaki beberapa menit saja.

Lokasi Kanim Depok terletak di lantai 1 Depok Town Square. Ketika masuk ke dalam Detos, langsung cari lift. Naik lift ke lantai 1, keluar dari lift belok kiri. Kita akan langsung melihat kantor imigrasi Depok disana.

Semua dokumen jangan lupa dibawa ASLINYA yaa .. KK asli , KIA asli , buku nikah asli , paspor asli , KTP asli , akta kelahiran asli . Karena nanti akan tetap diminta juga sebagai pembuktian. Setelah diisi , tinggal menunggu nomor yang dipanggil . Karena harus mengisi formulir , jangan lupa bawa pulpen sendiri . Ribet banget kalau harus cari – cari kredit o . Pembuatan pulp paspor. Oia , jangan lupa bawa Paspor Asli untuk pilihan penambahan yaa .. dan juga fotokopi Paspor.

Persyaratan Dan Ketentuan Datang ke Kantor Imigrasi

  1. Pemohon wajib hadir 15 menit sebelum jam kedatangan dimulai
  2. Membawa dokumen persyaratan permohonan paspor sesuai tujuan permohonan paspor
  3. Permohonan penggantian paspor wajib membawa paspor lama;
  4. Jika Anda tidak hadir sesuai jadwal kedatangan dan tidak melakukan ubah jadwal maka permintaan ulang paspor Anda dibatalkan dan harus melakukan pendaftaran
  5. Permohonan paspor dapat ditolak dalam hal a . Termasuk dalam daftar pencegahan dan penangkalan; b . Terindikasi Pekerja Migran Indonesia (PMI) Non Prosedural; c . Memberikan data tidak sah dan / atau keterangan tidak benar ; d . hal lai…

Persiapan Cara Urus Paspor Anak

Kalau bawa anak , usahakan pakaian anak nyaman dan usahakan agar menggunakan pakaian berwarna. Jangan pakai pakaian warna putih. Dan bawa semua perlengkapan . Karena ak dan Ayyash berangkat dari tempat yang berbeda , si Ayyash lupa bawa buku . Cranky banget doi kalau gak bawa buku tuh.

paspor anak
formulir yang wajib diisi orangtua

Jadi ada namanya antrean prioritas untuk orang di atas usia 60 tahun dan 5 tahun ke bawah . Karena ada @ayyash.ariad , kami masuk ke jalur antrean prioritas. Cepet banget. ada jalur khusus nya hehe. Kami hanya menyerahkan semua berkas yang telah saya tuliskan tadi . Lalu petugas akan memverifikasi semua dokumen . Ada beberapa dokumen yang ternyata di fotokopi sama petugas . Ayyash udah rewel nih pas ditanya – tanya sama petugasnya . Pas saya ambil foto , dikasih tips sama bapaknya jangan pakai kerudung putih atau kerudung terang . Karena kalau paspor di fotokopi , keliatannya ngambang . Untung sekarang saya pakai kerudung biru gelap . hehe

Berikut ini adalah hal yang perlu dilakukan saat di Kantor Imigrasi untuk pembuatan paspor anak

  1. Pastikan menggunakan pakaian berwarna, jangan warna putih. Kalau pakai jilbab usahakan menggunakan jilbab berwarna.
  2. Ambil nomor antrian di satpam. Jika kita datang membawa anak, kita akan masuk dalam antrian prioritas. Antrian prioritas untuk anak 0 – 5 tahun dan orang tua diatas 60 tahun.
  3. Satpam akan menyerahkan map kuning berisi formulir untuk anak dan orang tua.
  4. Isi formulir dengan benar. Tanda tangan kedua orang tua diatas materai dibutuhkan untuk pembuatan paspor anak.

Kalau urus paspor anak , sebenarnya belut bagus jika kedua orang tua sekalian ikut . Karena ada surat yang harus ditandatangani oleh kedua orang tua . Tapi karena berhubung Arif sedang di Bitung . Jadi hanya saya yang merupakan formular . Petugas meminta saya agar video call ke arif . Lalu petugas melakukan check., Arif diminta untuk menyebutkan tanggal lahir Ayyash dan nama lengkap.

Setelah itu saya diminta screenshot saat mereka video call . Jadi screenshot ini sebagai bukti kalau Arif menyepapati pembuatan Paspor Ayyash .

Paspor bisa diambil setelah 3 hari kerja. Saat Membawa, Harap Membawa Slip Pengambilan Paspor .

Ambil Foto dan Wawancara

Nah bagian yang terpenting dalam pembuatan paspor adalah wawancara dan pengambilan foto.

Saya hanya ditanya-tanya, mau kemana bareng anak. Dalam waktu kapan mau menggunakan paspor. Saya hanya menjawab setiap pertanyaan dari petugas.

Petugas juga memeriksa seluruh kelengkapan dokumen saya dan dokumen anak. Beliau juga meminjam dokumen untuk memfotokopi lagi beberapa dokumen.

Setelah itu, saya diminta untuk berpose di depan kamera. Ehhh. Ternyata gak boleh senyum keliatan gigi wkwkw. Jadi cuman senyum tipis aja deh.

Padahal kan aku suka kalau senyum keliatan gigi. hehe.

Pas giliran Ayyash, dia crancky. Karena ini adalah waktu tidur siangnya. Jadi lumayan lama tuh membujuk Ayyash agar mau foto paspor. haha.

Tapi alhamdulillah, kami berhasil mendapatkan foto yang sesuai dengan kebutuhan paspor.

Kami mendapatkan dua lembar bukti pengambilan paspor yang dibawa ketika nanti akan mengambil paspor.

Mengambil Paspor

urus paspor anak

Nah setelah 3 hari kerja, paspor sudah bisa diambil ke kantor imigrasi Depok.

Ketika mengambil paspor, kita harus membawa dokumen berupa KTP/ KIA serta lembar bukti pengambilan paspor.

Ketika tiba di kantor imigrasi, jangan lupa ambil nomor antrian pengambilan paspor.

Setelah nomor antrian dipanggil, kita menyerahkan KTP/KIA serta lembar bukti pengambilan paspor.

Kita diminta tanda tangan di bukti pengambilan dan juga di buku absen milik kantor imigrasi.

Selesai deh.

Cara Urus Paspor Anak Mudah

Begitulah pengalaman saya mengurus cara urus paspor anak dengan mudah. Semoga artikel ini dapat membantu orang tua yang ingin mengurus paspor anak tanpa calo. Hehe. πŸ™‚ Karena ternyata urus paspor gampang banget dan hanya dalam hitungan hari.

Mantap

ditulis di Tajurhalang

22:02 WIB Minggu 14 Agustus 2022

sambil denger lagu Sesaat Kau Hadir – Utha Likumahuwa

 

if you do what’s hard in life, your life will be easy, but if you only do what’s easy in life, then your life will be hard. – The Les Brown

writer

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!