2009,  2021,  belanda,  Journey,  scholarship

Perpustakaan Amsterdam

 

Perpustakaan Amsterdam, Kalau datang ke Amsterdam, ada salah satu tempat cozy untuk belajar ataupun mencari informasi. Perpustakaan Amsterdam atau biasa disebut dengan Open Bare Amsterdam dan disingkat sebagai OBA. Perpustakaan dalam bahasa Belanda disebut dengan Bibliotheek. Yang paling saya suka adalah setiap daerah memiliki bibliotheek nya masing-masing.

Oka yang ajak saya untuk datang ke Perpustakaan Amsterdam, mumpung lagi weekend, jadi di iyakan saja 🙂 Karena kalau naik kereta dari Wageningen ke Amsterdam lumayan mahal kalau bukan lagi weekend.

Perpustakaan Amsterdam

Kalau datang ke Amsterdam, ada salah satu tempat cozy untuk belajar ataupun mencari informasi. Perpustakaan Amsterdam atau biasa disebut dengan Open Bare Amsterdam dan disingkat sebagai OBA. Perpustakaan dalam bahasa Belanda disebut dengan Bibliotheek. Setiap daerah memiliki bibliotheek nya masing-masing.

Jadi pemerintah tidak abai dengan pendidikan para penuduknya. Disana kita bisa berselancar dengan kecepatan internet yang memuaskan.

Coba tunjuk jari, siapa yang suka ke perpustakaan? Hehe … mungkin nggak banyak, ya, meski jumlah perpustakaan cukup banyak. Nah, jika perpustakaannya dibikin seperti perpustakaan di Amsterdam, kira-kira kalian betah nggak di perpustakaan? Kita simak selengkapnya, yuk!

Perpustakaan Umum Amsterdam

Openbare Bibliotheek Amsterdam (OBA) atau yang berarti perpustakaan umum Amsterdam sebenarnya adalah kumpulan dari perpustakaan-perpustakaan umum yang ada di ibu kota negara Belanda. OBA ini pertama kali didirikan di tahun 1919, dan sampai sekarang OBA mempunyai cabang 25 perpustakaan yang tersebar di kota Amsterdam, sekitar 1,7 juta buku dan sekitar 165.000 anggota, lho!

Ada OBA yang terletak di Central, New West, North, East, Ouder-Amstel, West, South dan Southeast. Semua daftarnya bisa dilihat di list ini. Nah, diantara gedung-gedung OBA ini ada satu yang disebut pusat dari OBA, yaitu OBA Central. Berada tak jauh dari stasiun pusat kota Amsterdam. OBA Central ini punya beberapa keunikan yang bikin pengunjung betah,

Punya Buku-buku yang sangat lengkap

Buku-buku yang ada di perpustakaan ini sangat lengkapppp banget. Banyak buku yang dibuat berdasarkan genre, mulai dari genre anak-anak, pengetahuan umum, bahasa, serangga, dan lain sebagainya.

area anak

Setiap orang bisa meminjam buku di OBA Amsterdam, namun kita harus memiliki kartu member. Ak gak sempet sih bikin kartu member, karena emang baru tau OBA pas udh mau pulang. huhuh.

Bisa duduk seharian di perpustakaan dengan nyaman

Perpustakaan ini menyediakan akses internet cepat bagi para pengunjung. Kita bisa memilih tempat duduk yang kita suka. Ada tipe tempat duduk yang agak menyendiri, ada juga tempat duduk yang berhadapan di kota Amsterdam, dan ada yang berhadapan dengan laut.

Saya paling suka duduk di tempat duduk yang berhadapan dengan laut dan kota Amsterdam. Romantis. Banyak tempat duduk yang punya keunikan masing-masing dan dibuat sangat spacious. Keren banget. 🙂

suka-suka mau duduk dimana
area kafe yang tenang

Punya Kafe dan Tempat Bermain Anak

Perpustakaan ini punya kafe. heheh. Jadi kalau ngerasa lapar dan mau baca buku di kafe, silakan banget. Ada space yang menghadap kota Amsterdam. Bagus banget. apalagi kalau datang saat summer, pasti seru banget.

Andaikan saat itu sudah ada Ayyash, mungkin OBA Amsterdam bakalan jadi tempat favoritnya. Karena disana banyak sekali buku anak dan juga arena bermain bagi anak. 🙂 Seru banget. 🙂

area kafe di outdoor lantai 5

Kebijakan Saat Corona

Saat ini jika ingin datang ke Perpustakaan Amsterdam harus melakukan booking tempat belajar karena Corona. Kalau dulu sih bisa langsung datang begitu saja. Semoga corona cepat berlalu. huhu.

Mau keliling dalam sehari di Amsterdam, bisa banget. Sila ikuti itinerary ini : https://adlienerz.com/sehari-keliling-amsterdam-bisa-banget/

Selamat menjelajah.

ditulis di Tajurhalang

29 Agustus 2021

 

Tulisan #30haribercerita

Day 1 ; Perjalanan Senja yang Sendu di Naarden 

Day 2 : Flamingo PInk dan Panda di Rhenen Zoo

Day 3 : Perpustakaan Amsterdam

Day 4 : Mural di Berlin

 

writer

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!