Bertemu Dee dan Sapardi di Galeri Indonesia Kaya

Sebuah informasi mengenai pementasan Dee masuk ke dalam handphone saya. Benjo men-tag nama saya di akun Instagram Dewi Lestari. Saya pun segera mendaftarkan diri ke dalam website yang dituju, namun apa lacur, website meminta maaf karena kuota sudah penuh. Namun saya tak segera berputus asa. Di dalam pengumuman, para peminat yang tidak terdaftar diminta hadir 1 jam sebelum acara. Tanggal 7 Oktober pun tiba, saya yang tanpa persiapan apa-apa, segera […]

Continue Reading

Buruan Daftar YSEALI 2015! dan ke Amerika Gratis

YSEALI Academic Fellows 2015   cuplikan dari kegiatan YSEALI di United States. Ayo Daftar!!! What is it? Since Spring 2015, Indonesian YSEALI Academic Fellows have joined fellows from other ASEAN countries to take part in academic institutes in one of three core YSEALI themes: – Civic engagement – Environment and natural resources management  – Entrepreneurship and economic development The YSEALI Academic Fellowships are intensive short term academic Institutes whose purpose […]

Continue Reading

Belajar sambil Jajan di SMESCO Vaganza

bersama Koh Agus Siapa yang tidak kenal Agustinus Wibowo? Sasha Stevenson? Dua nama yang mengundang perhatian saya ketika diajak untuk ikut hadir dalam kegiatan SMESCO Vaganza. Saya mengenal nama Agustinus Wibowo karena buku-buku tentang perjalanannya dan juga tentang definisi rumah yang selama ini sulit saya gambarkan. Sedangkan Sasha Stevenson beberapa kali saya lihat chanel youtube-nya dibagikan oleh komedian seperti Raditya Dika di twitland. Dua nama inilah yang mencuri perhatian saya […]

Continue Reading

Penjaga Budaya Tenun di Pelosok Flores

Dulu, pandangan orang mengenai batik sangat dianggap tua dan ketinggalan jaman. Batik hanya digunakan ketika pergi ke acara pernikahan, potong pita, sunatan dan juga akikahan. Agak aneh jika batik digunakan di acara non formal seperti ulang tahun. Selain itu Batik juga dianggap sebagai pakaian orang tua. Jangan heran jika seseorang yang memakai Batik di sebuah acara, akan dicemooh. “Tua banget sih lo pake batik.” “Kayak baju bokap gue, ih”. Namun […]

Continue Reading

Sosok di Ujung Pulau Kodingareng Lompo

salah satu bagian pulau Kodingareng Lompo (sumber : pengenliburan.com) Gara-gara membahas tentang cerita mistis di dalam obrolan grup Whatsapp Travel Blogger Indonesia (TBI), akhirnya disepakati untuk membuat posting bareng bertemakan Horor.   Agak sulit sebenernya menceritakan pengalaman horor, karena selama ini saya sangat jarang mengalami pengalaman mistis. Saya akan jelaskan nanti kenapa, saya jarang mendapatkan pengalaman mistis di bagian bawah tulisan. 😀 Banyak pulau di Indonesia yang dikenal memiliki kecantikan […]

Continue Reading

Keseruan Gathering Pertama TBI di Villa La Lita

peserta 1st TBI Gathering (exclude kak Vika) Setelah dipaksa minum susu cokelat oleh Bunda, saya pun berangkat dari rumah. Jam menunjukkan pukul 6.45 WIB. Saya segera meminta Majid untuk mengantar saya ke pangkalan angkot. “wah, bisa-bisa saya telat nih tiba di Stasiun Bogor,” pikir saya saat itu. Karena dua hari sebelumnya, saya berjanji akan mengibarkan bendera di Stasiun Bogor. Lokasi titik kumpul teman-teman Travel Blogger Indonesia (TBI) pada hari Sabtu […]

Continue Reading

Ternyata Maluku Juga Punya Batik, lho

Siang itu, saya sedang mengurus NPWP di Kantor Pajak. Ponsel terus bergetar menunjukkan bahwa grup di sebuah media sosial sedang bercerita mengenai Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober. Saya pun menyetujui untuk mengikuti posting bareng dengan anak Travel Blogger Indonesia. Saya cukup bingung dengan tema ini, karena saya tinggal di daerah timur yang notabene tidak memiliki batik. Kalau bicara soal kain tenun, saya bisa bercerita tentang Flores, […]

Continue Reading

Just Follow your Travelling Passion, guys!!

Selama saya mengikuti passion saya untuk travelling ke berbagai tempat, seringkali saya mendengar pertanyaan seperti ini : “Kok kamu jalan-jalan mulu sih, dlien? Banyak uang ya?” “Pasti kamu habis banyak uang kan untuk jalan-jalan?” “Kok berani sih jalan-jalan sendiri?” Padahal kalau dipikir-pikir saya tidak melakukan apa-apa, saya hanya mengikuti insting saya untuk travelling. Kecintaan saya pada travelling ini dimulai ketika SD, saat itu saya selalu dibully oleh teman-teman sekolah. Sehingga […]

Continue Reading

Ini Cara Gue Mencintai Indonesia, Kamu?

Perjalanan untuk mencintai Indonesia dimulai pada tahun 2008, ketika gue memilih untuk sekolah di luar daerah jajahan gue, Bogor. Pilihan untuk berkuliah di luar daerah (gue memilih Makassar sebagai destinasi pertama), memang tidak salah. Makassar adalah lokasi yang strategis untuk belajar lebih mengenal Indonesia. Dari sini gue mulai mengenal dunia tulis menulis. Dan mulai menuliskan apa yang udah gue lakukan. Indonesia, sebuah negeri surga bagi para petualang. Gue mencintai banyak […]

Continue Reading

Mencari Benang Kusut Masalah Nelayan di Indonesia

Nelayan sebagai profesi termiskin di Indonesia seharusnya mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah. Selama beberapa bulan terakhir, saya selalu bersosialisasi dengan nelayan di berbagai daerah. Setiap daerah memiliki masalah lokal masing-masing yang menarik untuk dikaji. Keanekaragaman masalah nelayan ini sudah berlangsung sejak lama tanpa ada kesadaran dari pemerintah untuk membantu mereka.    Saya disini hanya mengumpulkan fakta di daerah nelayan yang pernah saya kunjungi sejak bulan November 2013 – Januari 2014. […]

Continue Reading